ayam pedas

RAMAI: Sensasi ayam penyet super pedas di Warung Sate Gajah membuat tempat wisata kuliner di Depok ini ramai pengunjung. (Foto: Adila/Diskominfo)

depok.go.id- Berbagai inovasi kuliner tersedia di Depok. Tak heran, kota penyangga Ibukota ini menjadi destinasi untuk para pecinta makanan. Salah satu tempat wisata kuliner Depok adalah warung makan sederhana yang berada di Jalan Pepaya, Kelurahan Pondok Cina, Kecamatan Beji, Warung Sate Gajah sudah tak asing di kalangan mahasiswa dan warga Depok.

Berdiri sejak 2007, awalnya usaha kuliner itu dikelola oleh lima orang mahasiswa Universitas Indonesia (UI) Depok. Namun dikarenakan kesibukan pekerjaan dari masing-masing pengelola setelah lulus kuliah. Saat ini hanya dikelola oleh satu orang yaitu Topan Sani.

Pengelola Warung Sate Gajah, Luki mengatakan, dari nama yang diambil warung ini memang menjual menu sate, tetapi bukan sate dari daging gajah melainkan sate ayam yang berukuran besar.

“Awalnya kami menjual sate, kemudian sempat ada perubahan menu dari pertama kali Warung Sate Gajah buka, namun yang bertahan dan menjadi andalan adalah ayam penyet super pedas ini,” kata Luki kepada depok.go.id, Rabu (05/04/2017).

Menurutnya, ayam penyet di Warung Sate Gajah dapat membuat para perempuan menangis. Menu tersebut bisa didapatkan hanya dengan harga Rp. 19.000 per porsi. Dikatakannya, dari segi penampilan, ayamnya terlihat menggiurkan dengan kulit yang mengering renyah. Lalu, sambalnya berupa cacahan cabai rawit merah mentah yang dicampur dengan bawang merah mentah.

“Sambal di ayam penyetnya membuat pengunjung ketagihan ke Warung Sate Gajah. Bahkan bisa membuat perempuan menangis,” ucapnya.

Luki menuturkan, dalam sehari Warung Sate Gajah menghabiskan 60 hingga 70 ekor ayam atau sekitar 280 porsi. Omzet yang diterima mencapai Rp. 5 juta per hari. Selain itu, Luki menambahkan, menu lain yang disediakan antara lain ayam bumbu bali, tempe, tahu dan juga cumi pedas.

Lebih lanjut, sambungnya, alasan pihaknya membuka usaha di Jalan Pepaya belakang stasiun Universitas Indonesia (UI) Depok, karena lokasi tersebut dekat dengan target market usaha kulinernya yaitu mahasiswa.

“Biasanya pengunjung yang datang dari kalangan mahasiswa, pelajar SMA,  karyawan dan keluarga dari sekitaran Depok. Tak sedikit warga luar Depok yang sengaja mengunjungi Warung Sate Gajah hanya sekedar menikmati ayam penyet yang super pedas ini,” tandasnya.

Penulis: Adila

Editor: Retno Yulianti dan Rita Nurlita

Diskominfo

Bagikan post melalui :