aspera1Komunitas pecinta reptil Aspera kembangkan layanan informasi reptil dalam bentuk aplikasi di platform Android. Aplikasi bernama Aspera Aklopedia ini merupakan hasil kolaborasi Aspera dengan komunitas pengembang aplikasi, AppKitchens.

Seperti diketahui, Aspera merupakan komunitas edukasi pemerhati reptil khususnya ular yang sudah berdiri sejak 4 Juli 2011 di Depok. Komunitas ini didirikan atas kepedulian terhadap pelestarian reptil dan stigma negatif masyarakat terhadap keberadaan reptil.

Tuntutan zaman dan desakan dari pecinta reptil se-Indonesia yang haus akan informasi mengenai reptil, membuat Arby Krisna Kumara selaku Ketua Aspera beserta anggota lain melahirkan ide untuk membuat layanan informasi reptil dalam bentuk aplikasi di platform Android.

Beragam informasi tentang reptil dapat ditemui dalam aplikasi ini, mulai dari ular, kadal hingga amfibi. Informasi yang tersaji pun lengkap, baik dari jenis-jenisnya maupun cara berkembang biak serta wilayah perkembangannya.

Selain informasi detail tentang reptil yang ingin diketahui, dalam aplikasi ini juga tersaji info kegiatan komunitas dan berbagai tips merawat reptil. Bahkan, informasi spesies baru atau penelitian-penelitian terbaru di dunia herpetofauna tersaji.

Arby mengatakan, Aspera Aklopedia ini diharapkan dapat menjadi buku saku para pencinta reptil, agar lebih paham dan memiliki wawasan lebih luas terkait reptil itu sendiri. “Jadi gak sekadar punya, tapi memahami secara detail,” jelasnya.

Senada dengan hal tersebut, untuk masyarakat awam, aplikasi ini memudahkan dalam mengidentifikasi reptil, seperti, ular yang ditemui di lingkungannya. “Aplikasi ini juga diharapkan dapat mempermudah akademisi yang fokus pada ilmu herpetologi,” tambahnya.

Jika ingin mengetahui lebih jauh tentang Aspera Aklopedia ini, langsung saja instal aplikasi reptil berbahasa Indonesia ini ke Android Anda, sebagai “buku saku”. Aspera Aklopedia ini bisa didapatkan di Google PlayStore atau dapat diunduh langsung melalui www.aklopedia.com. (nita/Diskominfo)

aspera2

Bagikan post melalui :