Camat Bojongsari, Usman Haliyana (paling belakang, keempat dari kiri). (Foto: Diskominfo)

depok.go.id – Kampung Keluarga Berencana (KB) RW 02 Kelurahan Duren Mekar (Dumek), Bojongsari berhasil meraih predikat terbaik Kampung KB tingkat Kota Depok. Berkat prestasinya itu, saat ini Kampung KB RW 02 Dumek tengah mewakili Depok untuk berlaga di lomba Kampung KB tingkat Provinsi Jawa Barat (Jabar).

Menurut Camat Bojongsari, Usman Haliyana, Kampung KB di RW 02 dibentuk pada tahun 2017 sebagai salah satu upaya penguatan program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) yang dikelola masyarakat RW 02 Dumek. Tentu saja tujuannya untuk memberikan kemudahan masyarakat untuk memperoleh pelayanan total program KB.

“Ini adalah keinginan kami memiliki Kampung KB untuk mewujudkan keluarga yang berkualias selaras dengan visi Kota Depok. Salah satunya juga untuk membangun wilayah yang Berketahanan Keluarga,” kata Usman kepada depok.go.id, di Kecamatan Bojongsari, belum lama ini.

Untuk maju di tingkat Jabar, ucapnya, Kampung KB RW 02 Dumek sudah mempersiapkan berbagai inovasi. Diantara inovasi tersebut yakni Gerakan Keluarga Sadar Mengaji (Gergaji), Sekolah Pra Nikah, Budaya Tomat (Tolong, Maaf, Terimakasih) mulai diajarkan sejak dini.

Selain itu, sambungnya, ada juga dengan membudayakan 5 S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan, Santun) di TPQ, PAUD dan Majelis Taklim. Kemudian Gerakan Infaq (GIM) dan Kader Siaga dan Suluh Keliling KB (Kasi Suling KB).

“Semoga apa yang diharapkan menjadi yang terbaik di Provinsi Jabar bisa kita dapatkan. Dengan begitu, Kota Depok bisa mewakili Jabar ke tingkat nasional,” tandasnya.

Penulis: Nurul Hasanah

Editor: Retno Yulianti

Diskominfo

Bagikan post melalui :