Ketua LPM Kelurahan Pengasinan, Mulyadi Gojong (kiri).

depok.go.id-Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kelurahan Pengasinan berencana membuat sumur resapan di RT 02/RW 03, Kelurahan Pengasinan, Kecamatan Sawangan. Pembuatan sumur resapan ini,
untuk mengantisipasi banjir saat musim hujan, sekaligus berfungsi menjaga cadangan air saat musim kemarau.

Ketua LPM Kelurahan Pengasinan, Mulyadi Gojong mengatakan, lokasi tersebut dipilih karena wilayahnya merupakan daerah rawan banjir. Terlebih, letaknya dekat dengan Situ Pengasinan. Sehingga nantinya keberadaan sumur resapan diharapkan bisa mengalirkan air hujan langsung ke dalam tanah.

“Memang kita berupaya mengubah pola berpikir. Bukan hanya menyalurkan air, tetapi mengembalikan ke tanah dengan sumur resapan ini,” ujar Mulyadi di Kelurahan Pengasinan, Kamis (06/09/2018).

Dirinya juga menjelaskan, sumur resapan yang dibangun rencananya berukuran besar, namun disesuaikan dengan ketentuan yang dimiliki oleh Dinas Perumahan dan Permukiman (Disrumkim) Kota Depok. Dengan demikian, tingginya intensitas air hujan bisa langsung masuk ke dalam tanah dan tidak menggenang ke jalanan.

“Anggarannya kalau memang membutuhkan tambahan biaya, warga siap untuk patungan menambahkan biaya yang dibutuhkan,” katanya.

Sementara itu, Lurah Pengasinan, Sudadih mengucapkan, terima kasih atas kerja konkret pengurus LPM. Karena itu, pihaknya akan terus mendukung pembangunan dan program lainnya yang dilakukan oleh pengurus LPM Pengasinan.

“Saya sangat mendukung sekali pembuatan sumur resapan ini, semoga lancar dan memberikan manfaat bagi masyarakat Pengasinan,” ucapnya.

Penulis: Nurul Hasanah
Editor: Dunih
Diskominfo

Bagikan post melalui :