operasi semut

Satgas Pol PP lakukan Operasi Semut di sepanjang JPO depan Balai Kota Depok sampai JPO depan Terminal Depok, baru-baru ini. (Foto : Dok Satpol PP)

depok.go.id – Sebagai pengawal Perda, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Depok tidak hanya dituntut untuk melakukan penertiban terhadap Pedagang Kaki Lima (PKL). Namun, lebih dari itu, Satpol PP juga aktif menjaga kebersihan dengan rutin menggelar Operasi Semut di trotoar dan Jembatan Penyeberangan Orang (JPO)

“Saya selalu pesankan kepada Satuan Tugas (Satgas) Pol PP untuk tidak terjebak dalam kegiatan rutinitas atau agenda. Operasi Semut merupakan salah satu kegiatan yang bisa dilakukan, jika mereka sedang tidak ada agenda,” ujar Kepala Satpol PP Kota Depok, Dudi Mi’raz, di Balai Kota, Senin (06/11/17).

Dikatakannya, kegiatan tersebut biasanya dilakukan mulai dari JPO Balai Kota Depok sampai dengan JPO depan terminal. Kegiatan ini juga diklaim untuk membantu meringankan tugas pesapon yang setiap harinya beroperasi di sekitar Balai Kota.

“Jika ada sampah di sepanjang JPO dan trotoar, saya wajibkan Satgas Pol PP untuk memungutnya dan mengumpulkan ke dalam plastik. Nanti ada gerobak sampah Dinas Lingkungan Hidup (DLHK) Kota Depok yang beroperasi mengambil sampah yang sudah dikumpulkan Satgas. Ini juga merupakan salah satu upaya kami meringkankan pekerjaan pesapon,” ucapnya.

Dirinya berharap, kegiatan tersebut dapat rutin dilakukan Satgas, tidak hanya di sekitar Balai Kota. Tapi, juga bisa dilakukan saat melaksanakan penertiban atau penjangkauan PKL atau PMKS. Agar suasana bersih dan asri dapat selalu tercipta sesuai dengan program unggulan Kota Depok yaitu Depok Zero Waste City.

“Kegiatan yang kita lakukan ini juga bernilai ibadah. Mudah-mudahan Satgas yang sedang bertugas menertibkan PKL atau pun spanduk liar bisa ikut melakukan kegiatan Operasi Semut untuk menciptakan Depok yang bebas dari sampah,” pungkasnya.

Penulis: Vidyanita

Editor: Dunih dan Rita Nurlita

Diskominfo

Bagikan post melalui :