smpn 2 depok_lokus lss

Tim Penilai Lomba Sekolah Sehat Tingkat Provinsi Jawa Barat saat meninjau lokus yang menjadi penilaian, SMP Negeri 2 Depok, Senin (06/11/17). (Foto : Jose/Diskominfo)

depok.go.id – Tim Penilai Lomba Sekolah Sehat (LSS) tingkat Jawa Barat hari ini melakukan penilaian ke Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 2 Depok. Dari kunjungan tersebut, tim penilai terkesan dengan SMPN 2 Depok yang dinilai memiliki kriteria yang cukup baik untuk menjadi sekolah sehat.

Ketua Tim Penilai Lomba Sekolah Sehat SMP tingkat Provinsi Jawa Barat, Riwayat mengatakan, dari hasil penilaian langsung yang dilakukan di SMPN 2 Depok, sekolah tersebut sudah memiliki standarisasi sekolah sehat yang optimal. Mulai dari keberadaan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS), ruang kelas, kantin sekolah,  tempat pemilahan sampah,  hingga perpustakaan.

“Pada prinsipnya dari hasil peninjauan kita di SMPN 2, sekolah tersebut sudah memiliki standar yang baik untuk kategori sekolah sehat. Namun, ada beberapa catatan yang perlu diperhatikan seperti angka kesehatan gigi dan mata, serta penerangan dalam ruang kelas,” ujarnya, Senin (06/11/17).

Ia menjelaskan, kegiatan yang dilaksanakan rutin setiap tahun tersebut, bukan sekadar untuk diperlombakan. Tapi, sekolah sehat ini mendidik anak dari usia dini agar mengerti pentingnya kesehatan, baik kesehatan badan maupun lingkungan.

“Ini bukan semata-mata hanya sebagai lomba, tetapi bagaimana mengedukasi siswa sejak dini untuk menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), ” jelasnya.

Dengan diadakannya Lomba Sekolah Sehat, dirinya berharap semua unsur sekolah melaksanakan adanya Trias UKS yaitu, pendidkan kesehatan, pelayanan kesehatan dan pemeliharaan lingkungan sekolah yang sehat.

“Kita berharap dengan adanya lomba sekolah sehat ini semakin meningkatkan kesehatan khususnya untuk para siswa,   sehingga prestasi anak-anak pun ikut meningkat,” tutupnya.

Penulis : Jose

Editor: Dunih dan Rita Nurlita

 

Diskominfo

 

Bagikan post melalui :