Satpol PP Kelurahan Mekarsari saat melakukan pemasangan stiker larangan mengiklankan dan menjual rokok kepada anak di bawah umur dan ibu hamil. (Foto: Dok. Kelurahan Mekarsari).

depok.go.id- Kelurahan Mekarsari di Kecamatan Cimanggis mendukung penegakan Peraturan Daerah (Perda) Kota Depok Nomor 03 Tahun 2014 tentang Kawasan Tanpa Rokok, terlebih bagi anak di bawah umur. Dukungan tersebut dibuktikan dengan dibuatnya surat edaran dan penempelan stiker larangan menjual rokok kepada anak di bawah umur dan ibu hamil di wilayah tersebut.

“Kami buat surat edaran dan diserahkan langsung kepada pemilik usaha agar memperhatikan penjualan rokok terutama bagi anak di bawah umur dan ibu hamil. Karena akan berdampak pada kesehatan dan masa depan mereka,” tutur Plt. Lurah Mekarsari, Iqbal Faroid, kepada depok.go.id, Selasa (06/11).

Dikatakannya, dalam surat edaran dijelaskan bahwa setiap orang atau badan yang menjual rokok agar tidak memperlihatkan secara jelas jenis dan bentuk rokok atau produk tembakau lainnya dengan tanda tulisan ‘disini tersedia rokok’. Selain itu, tidak diperkenankan untuk mempromosikan, mengiklankan produk rokok. Selanjutnya, tidak memperbolehkan untuk menjual rokok kepada anak di bawah umur dan ibu hamil.

Iqbal menambahkan, pihaknya akan melakukan pengawasan lebih lanjut terkait surat edaran dan larangan merokok tersebut. Apabila ditemukan pelanggaran, lanjutnya, pihaknya akan memberikan sanksi sesuai ketentuan yang berlaku.

“Tidak hanya memberikan surat edaran saja, kami akan terus melakukan pengawasan agar tidak ditemukan lagi anak di bawah umur dan ibu hamil yang merokok,” pungkasnya.

Penulis : Indri Purnama
Editor : Retno Yulianti
Diskominfo

Bagikan post melalui :