alpukat miki

Gambar ilustrasi. (Foto : Istimewa)

depok.go.id – Petani yang tergabung dalam Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kota Depok kini mulai melirik potensi alpukat miki. Daging buah yang tebal dengan biji yang kecil, membuat alpukat ini diminati para petani untuk terus dibudidayakan.

“Untuk potensi di Depok banyak, ada ikan hias, tanaman hias dan saat ini kami melihat ada potensi dari alpukat miki. Saya lihat tanaman ini tangguh dan cocok di berbagai cuaca. Jadi tidak butuh perawatan ekstra,” ujar Ketua KTNA Kota Depok, Rudi Murodi di Balai Kota, Rabu (06/12/17).

Menurutnya, harga alpukat miki yang stabil menjadi salah satu alasan mengapa tanaman ini cocok untuk dibudidayakan. Keunggulan lainnya adalah ukurannya yang besar yang bisa mencapai 400-600 gram per buahnya. Belum lagi rasanya juga manis dan tidak getir, kulitnya sangat tipis sehingga alpukat ini sangat mudah untuk dikupas.

“Buah ini memang sedang digemari dan memiliki potensi yang cukup menjanjikan untuk petani. Kandungan gizi buah alpukat juga tidak diragukan lagi. Alpukat miki banyak manfaat mulai dari biji, daun, batang pohon, kulit pohon dan terutama daging buahnya,” ucapnya.

Tanaman khas Kota Depok ini, kata Rudi, nantinya diharapkan makin dikenal kota-kota lainnya, dan  mampu dikembangkan untuk kota yang sudah menjalin kerja sama dengan Kota Depok.

“Mudah-mudahan potensi ini dapat terus berkembang, sehingga dikenal sampai mancanegara dan mampu menghidupi petani-petani yang ada di Kota Depok,” pungkasnya.

Penulis: Vidyanita

Editor: Dunih dan Rita Nurlita

Diskominfo

Bagikan post melalui :