ui

Dekan FIK UI, Junaiti Sahar (keempat dari kanan, baris kedua), saat foto bersama usai mendampingi Ketua FKDS Kota Depok, Elly Farida, untuk peresmian penggunaan NC di UPT Puskesmas Cimanggis. (Foto : Nurul/Diskominfo)

depok.go.id – Universitas Indonesia (UI) berkomitmen menjalin sinergitas dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Depok. Lewat program Nursing Center (NC) yang diinisiasi Fakultas Ilmu Keperawatan (FIK) bekerja sama dengan UPT Puskesmas Cimanggis, UI ingin menjadi bagian dari upaya meningkatkan derajat kesehatan warga Depok.

Dekan FIK UI, Junaiti Sahar menerangkan, NC ini merupakan integrasi pelayanan kesehatan, pendidikan keperawatan dan penelitian dengan mengoptimalkan sumber-sumber yang tersedia di dalam sistem kesehatan masyarakat. Terpilihnya Puskesmas Cimanggis sebagai pilot project program NC, kata Junaiti, karena posisinya yang cenderung lebih dekat dengan kampus UI.

“Dengan adanya NC, UI ingin menjadikan sebagai sentra keperawatan atau pun pusat unggulan pelayanan kesehatan masyarakat yang berkualitas melalui integrasi pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat untuk mewujudkan kecamatan sehat dan mandiri di Kota Depok,” terang Junaiti, usai peresmian NC UI di Puskesmas Cimanggis, Rabu (06/12/2017).

Junaiti mengatakan, dalam NC petugas yang berjaga akan memberikan berbagai pelayanan pada masyarakat yang datang. Di antara pelayanan tersebut yaitu melakukan tindakan keperawatan langsung seperti perawatan luka, rileksasi, latihan fisik dan sebagainya. Selain aktivitas di dalam gedung, dengan adanya NC tugas perawat juga melakukan pendidikan kesehatan pada masyarakat, kunjungan ke rumah, hingga deteksi dini penyakit di masyarakat.

“Dalam NC ini kami juga melakukan aktivitas kelompok seperti senam maupun membentuk kelompok pendukung yang memiliki sakit tertentu, semisal diabetes melitus guna saling memberi semangat satu sama lain,” paparnya.

Setelah Cimanggis, imbuhnya, FIK UI akan menyasar 10 UPT Puskesmas lainnya se Kota Depok untuk pendirian NC tersebut. Selain itu, Unit Pelaksana Fungsional (UPF) Puskesmas untuk tingkat kelurahan juga akan menjadi target FIK UI selanjutnya.

“Harapan kami dengan NC yang digulirkan UI bisa menjadi program yang berkesinambungan, serta menyumbang keberhasilan program Pemkot yang menjadikan Depok sebagai Smart Helathy City,” tandasnya.

Penulis: Nurul Hasanah

Editor: Dunih dan Rita Nurlita

Diskominfo

Bagikan post melalui :