Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKPPP) Kota Depok menggelar kegiatan Penyusunan Program Penyuluhan Pertanian Tingkat Kota Depok Tahun 2018 yang diadakan di Aula Perpustakaan Kota Depok, Kamis (06/12/2018). (Foto : Asyril/Diskominfo)

depok.go.id – Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKPPP) Kota Depok, telah mengumpulkan puluhan penyuluh dan kelompok tani di Kota Depok. Kesempatan ini untuk menghimpun masukan petani, termasuk dalam hal permintaan bantuan sarana dan prasarana yang realisasinya akan disesuaikan dengan anggaran DKPPP tahun 2019.

“Kegiatan pelatihan dan penyuluhan tidak lagi menjadi prioritas untuk petani di tahun 2019. Dari kegiatan hari ini yang dilakukan, yang paling banyak masukan dan saran adalah terkait permintaan sarana dan fasilitas seperti bibit, benih, alat dan sebagainya,” ujar Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Hortikultura DKPPP, Hermin Kusmiati di ruang kerjanya, Kamis (06/12/18).

Diakuinya, untuk permohonan bantuan akan disesuaikan dengan anggaran 2019. DKPPP tidak bisa serta merta menyetujui permohonan tersebut. Saran dan masukan akan disampaikan lagi ketika Musyawarah Perencanaan dan Pembangunan (Musrenbang) awal tahun 2019.

“Masukan sudah kami catat antarbidang. Namun, DKPPP itu kan sudah punya program tahunan, petani baiknya mengikuti. Lagi pula untuk tahapan pemberian bantuan tidak mudah, petani harus bisa memenuhi syarat juga mengajukan proposal, serta kami lihat eksistensinya seperti apa,” katanya.

Senada dengan itu, Ketua Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kota Depok, Rudi Murodi, juga mengakui hal tersebut. Dari beberapa pertemuan yang telah dilakukan, sebagian besar petani mengajukan bantuan alat kepada DKPPP.

“Kalau pelatihan, selama dua tahun saya menjabat sebagai ketua KTNA memang petani selalu diberikan pelatihan dan penyuluhan. Itu dirasa sudah cukup. Nah, untuk tahun 2019 alangkah lebih baik jika difasilitasi dengan alat. Mudah-mudahan permohonan kami bisa disetujui,” pungkasnya.

Penulis: Vidyanita
Editor: Dunih

Diskominfo

Bagikan post melalui :