CBT

Siswa mengerjakan UN berbasis komputer atau computer based test (CBT). (Foto: Nita/Diskominfo)

depok.go.id – Penghargaan yang diberikan Presiden Joko Widodo kepada SMAN 1 Depok terkait sekolah paling jujur menyelenggarakan Ujian Nasional (UN), tidak lepas dari keberhasilan sekolah di Depok yang menyelenggarakan UN berbasis komputer atau computer based test (CBT). Rencananya akan ada sekolah baru yang juga mengikuti program serupa di luar sekolah yang telah terdaftar.

Kepala Bidang Pendidikan Menengah dan Kejuruan Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Depok, Tatik Wijayati, mengatakan UN CBT berhasil membuat sekolah yang mengikutinya menunjukan integritas kejujuran dalam mengerjakan soal-soal.

“Depok menjadi peserta terbanyak yang mengikutsertakan sekolahnya dalam penerapan sistem UN CBT, tercatat sebanyak 16 sekolah mengikuti program ini dan alhamdulillah dapat dijalani dengan baik serta meminimalisir terjadinya tindakan contek-mencontek. Ke depan akan kami tambah sekolah yang menerapkan UN CBT,” tegasnya, Kamis (07/01/16).

Dia menambahkan, kejujuran di semua sekolah memang sedang digalakkan, contohnya membentuk kantin kejujuran dan proses pembelajaran yang mengusung kejujuran. Puncaknya adalah evaluasi dengan menjalankan UN berbasis komputer.

“Jika siswa berani menjalankan UN CBT berarti mereka merasa tertantang untuk menerapkan kejujuran. Hal ini dibuktikan dengan penghargaan yang diberikan oleh Kemendikbud. Ini merupakan suatu prestasi yang luar biasa,” tambah Tatik.

Lebih lanjut, untuk mengikutsertakan sekolah lain dalam program UN CBT, pihaknya akan melakukan sosialisasi secara berkala kepada seluruh sekolah negeri maupun swasta di Kota Depok agar melakukan pembelajaran sikap disiplin dan tanggungjawab kepada siswa-siswanya, sehingga kesiapan sekolah dalam menerima program UN CBT dapat berlangsung dengan baik. (Vidyanita/Ed: Fahrudin Mualim – Diskominfo).

Bagikan post melalui :