e-ktp1

Merekam e-ktp (Foto: Diskominfo)

depok.go.id – Pencetakan kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP) sudah bisa dilakukan kembali di masing-masing kelurahan. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Depok, Misbahul Munir.

Dirinya mengatakan bahwa blanko, tinta ribbon, dan film saat ini sudah tersedia lagi, setelah sebelumnya Depok kehabisan bahan logistik. Ketiadaan bahan logistik tersebut membuat Kota Depok tidak bisa melakukan pengadaan, karena tiga barang tersebut merupakan kiriman, seperti blanko yang dikirim dari Kemendagri, sementara untuk tinta ribbon dan film untuk dana pengadaannya berasal dari pihak Provinsi Jawa Barat

“Saat ini sudah bisa melakukan pencetakan e-KTP di seluruh kelurahan. Logistik berupa blangko, ribbon dan film untuk mencetak e-KTP sudah tersedia,” jelas Munir.

Saat ini Disdukcapil sedang menyelesaikan pencetakan e-KTP bagi warga yang sudah melakukan perekaman sebelumnya namun belum tercetak e-KTP. Total ada 8000 e-KTP yang sedang dalam proses pencetakan, jumlah tersebut di antaranya merupakan warga yang sudah merekam, pindahan, atau bagi e-KTP yang rusak atau hilang.

“Kami tetap akan mengerjakan yang belum terselesaikan, karena jumlahnya cukup besar,” katanya.

Selain itu, memasuki tahun 2016, masyarakat Depok khususnya orang tua sudah bisa melakukan pembuatan Kartu Identitas Anak (KIA). KIA ini merupakan kartu bagi anak usia 1 sampai 17 tahun yang dapat digunakan untuk seluruh pelayanan publik. Penetapan KIA berdasarkan Peraturan Wali (Perwal) Kota Depok Nomor 35 Tahun 2015.

“Saat ini sudah bisa dibuat di setiap kelurahan,” ujarnya.

Adapun di Depok sendiri jumlah anak usia 1 sampai 17 tahun berkisar 500 ribu anak. Berdasarkan data tersebut, diharapkan dengan adanya KIA dapat menjadi fasilitas bagi anak, untuk keringanan pembangunan di bidang pendidikan, kesehatan, pariwisata, perbankan dan fasilitas lain yang ditetapkan oleh Walikota.

“Pada beberapa waktu lalu, pihak Pemkot sudah melakukan penandatangan MoU dengan mitra kerja terkait fasilitas KIA, dalam peningkatan kesejahteraan anak di Kota Depok,” tutupnya. (Rysko/Ed: Fahrudin Mualim – Diskominfo).

Bagikan post melalui :