Wali Kota Depok Mohammad Idris mengunjungi City Operations Room Pemerintah Kota Depok. (Foto: Bima/Diskominfo)

depok.go.id- Pemerintah Kota (Pemkot) Depok tengah mengoptimalkan keberadaan City Operations Room yang berada di lantai 5, Balai Kota Depok. Sejumlah dinas terkait yang terintegrasi dengan ruang kendali kota itu juga sudah siap mendukung layanan publik tersebut. Salah satunya Dinas Kesehatan (Dinkes) Depok yang akan menempatkan sejumlah personel untuk bersiaga di City Operations Room.

“Kami akan ikut mengoptimalkan City Operations Room dengan menempatkan sejumlah personel Dinkes,” kata Sekretaris Dinkes Kota Depok Rani Martina kepada depok.go.id, belum lama ini.

Dikatakan Rani, sapaannya, para personel tersebut akan memberikan pelayanan kesehatan secara online bagi masyarakat. Layanan yang diberikan tersebut melalui Sistem Penanggulangan Gawat Darurat Terpadu (SPGDT) 119.

Dalam layanan tersebut, nantinya akan ada tim yang bersiaga. Tim kesehatan itu terdiri dari dokter, perawat, bidan, serta ambulans yang dapat digunakan masyarakat.

Selain itu, Dinkes Kota Depok juga akan memaksimalkan layanan di Puskesmas melalui pelaporan pada Sistem Informasi Manajeman Puskesmas (SIMPUS). Dengan begitu, diharapkan seluruh program dan layanan kesehatan yang berjalan di puskesmas dapat terpantau dengan baik.

Dalam hal ini, Dinkes Kota Depok juga melakukan pengumpulan data berdasarkan capaian kinerja yang sudah dilakukan. Data tersebut diinput melalui pusat data warehouse yang nantinya dapat diakses oleh seluruh elemen, termasuk masyarakat dalam bentuk webportal maupun aplikasi android.

“Beberapa komponen akan kami maksimalkan agar dapat lebih mudah diakses dan layanan kegawatdaruratan dapat lebih optimal dengan sinergi dari OPD terkait di ruangan tersebut,” pungkasnya.

Penulis: Indri Purnama

Editor: Retno Yulianti

Diskominfo

Bagikan post melalui :