UMKM

Pemilik Kelompok UMKM Belimbing, Harjianto (paling Kanan) saat mendapat kunjungan dari Telkom Indonesia. (Foto: Nurul/ Diskominfo)

Depok.go.id- Kelompok UMKM Belimbing merangkul para pelaku UMKM Depok, untuk melakukan bisnis dengan sistem online. Upaya tersebut dilakukan, agar melek teknologi, saat melakukan penjualan produknya.

“Kami berdiri atas inisiatif, bahwa UKM sudah saatnya dibawa go online. Untuk membawa teman-teman UMKM melek teknologi. Artinya kita bisa berjualan di Facebook, Instagram, Whats App, Situs Online dan lainnya,”kata Pemilik Kelompok UMKM Belimbing, Harjianto, Selasa, usai Seminar Industri Kreatif AIKD di Balaikota Depok, pada Selasa (07/02/2017).

Ia menuturkan, Kelompok UMKM Belimbing sudah berdiri sejak 2015. Pihaknya membentuk usaha yang fokus kepada penjualan melalui sistem online.

“Kami membawa pelaku UMKM di Depok, untuk melek teknologi. Artinya kita bisa berjualan di facebook, instagram, whats app, situs online, dan lain-lain,” jelasnya.

Lebih lanjut, pria yang akrab disapa Adjie tersebut mengungkapkan, beberapa UMKM yang dibina ada yang terfokus penjualan melalui online saja dan ada juga yang sambil membuka toko.

“Beberapa UMKM yang saya bina ada yang buka toko. Dan ada juga yang hanya penjualan sistem online saja,”terangnya.

Lebih lanjut, dia menceritakan, bahwa nama Kelompok UMKM Belimbing terbentuk dari sebutan Kota Belimbing bagi Kota Depok.

Adjie menjelaskan, produk yang dijual dari kelompok UMKM Belimbing ini tidak hanya berbahan dasar belimbing. Ada juga produk emping melinjo, brownies talas, ayam kampung ungkep, kebab, dan lainnya.

“Kami sering ada pelatihan mengenai digital marketing setiap bulan. Seperti, pelatihan berupa mengubah toko online, pelatihan instagram marketing, facebook ads, google ads,”ucapnya.

Selain itu, Adjie mengungkapkan kalau kelompok UMKM Belimbing turut bekerjasama dengan Pemerintah Kota Depok.

“Sejauh ini kita sudah bekerja sama dengan Pemkot Depok. Seperti Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI), ijin Sertifikat Produksi Pangan Industri Rumah Tangga (SP-PIRT), pembuatan sertifikat halal,” paparnya.

Menurut pemilik dari Kelompok yang telah membina usaha go online sebanyak 70 UMKM itu, bahwa dirinya mendukung adanya program Sahabat UMKM.

“Menurut saya bagus, program sahabat UMKM adalah program yang diluncurkan Pemkot Depok. Karena UMKM perlu dibina dan didampingi hingga sukses. Terutama bagi pelaku UMKM yang baru bergerak,”ungkapnya.

Selain itu, ia berharap, pelaku UMKM segera melakukan penjualan secara online di Depok, agar tidak tertinggal dengan produk luar negeri.

“Saya berharap, para pelaku UMKM Depok melek teknologi, karena saat ini perkembangannya adalah bisnis online. Jadi, kita harus transformasi ke arah sana,”tutupnya.

Penulis: Nurul Darojat

Editor: Retno Yulianti dan Rita Nurlita

Diskominfo

 

Bagikan post melalui :