pengadilan negeri

SIAP MELAYANI: Seksi Informasi dan IT Pengadilan Negeri Kota Depok, Chandra Wahyu Utama siap melayani warga Depok, untk mendapatkan Pos Bantuan Hukum (Posbahum) gratis.

Depok.go.id – Upaya mendorong program Pemerintah Kota (Pemkot) Depok, untuk lebih bersahabat kepada warga. Pengadilan Negeri (PN) Depok membuka layanan gratis berupa Pos Bantuan Hukum (Posbahum) untuk masyarakat, bahkan bagi warga yang kurang mampu

Seksi Informasi dan IT Pengadilan Negeri Kota Depok, Chandra Wahyu Utama mengatakan, layanan Posbakum meliputi empat hal, antara lain konsultasi hukum, penyediaan penasehat hukum, pembebasan biaya perkara dan sidang keliling.

“Jadi, layanan pos bantuan hukum terdiri dari bantuan konsultasi hukum, penyediaan Advokat (penasehat hukum) untuk kasus pidana maupun perdata, kemudian dibebaskan biaya perkaranya dan sidang keliling,” ungkapnya, Selasa, (07/02/2017).

Selain itu, ungkapnya, PN Kota Depok juga mendukung Depok sebagai Kota Layak Anak. Hal itu diimplementasikan melalui keberadaan ruang sidang anak yang terdiri dari enam ruang, antara lain, sidang anak, ruang tunggu ramah anak, ruang diversi, ruang kaukus, ruang telekonferensi dan ruang perpustakaan anak. Berdasarkan data Tahun 2016, ada 20 perkara yang melibatkan anak dibawah umur. Untuk itu, ketersediaan ruang sidang anak, disediakan karena anak harus diperlakukan secara khusus dan terpisah dari terdakwa dewasa.

“Disini sudah ada ruang sidang anak, ruang tunggu dan ada ruang telekonferensi juga. Anak-anak harus diperlakukan secara berbeda tidak boleh sama dengan yang dewasa,” tutupnya.

Penulis: Nur Afifah Putri

Editor: Retno Yulianti dan Rita Nurlita

Diskominfo

 

Bagikan post melalui :