pelaku usaha

Wali Kota Depok Mohammad Idris bersama Tanti, salah satu pelaku usaha mikro di Kota Depok. (Foto : Indri/Diskominfo)

depok.go.id – Imbauan Wali Kota Depok Mohammad Idris, agar UMKM mengurus legalitas usaha disambut gembira pelaku usaha mikro di Kota Depok. Terlebih, imbauan itu diikuti dengan pemberian fasilitas kemudahan dalam mengurus perizinan dan sebagainya di Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (DKUM) Kota Depok.

Salah satu pelaku usaha mikro di Kota Depok, Tanti Guntari mengatakan, pihaknya menyambut baik dengan adanya sosialisasi aspek legalitas yang digelar oleh DKUM Kota Depok. Kegiatan ini, dapat memberikan informasi lebih kepada pelaku usaha untuk mengurus sertifikat produk yang dihasilkan.

“Ini sangat membantu kami dalam mendapatkan sertifikat legal untuk produk, sebagai salah satu usaha dalam meningkatkan penjualan,” tuturnya saat ditemui di Aula Lantai 10 Gedung Dibaleka II, Selasa (07/02/2017).

Sedangkan untuk menjamin produk yang dihasilkan tidak ditiru dan dapat meyakinkan konsumen layak dikonsumsi, pelaku usaha harus mengurus beberapa perizinan seperti, Izin Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT), logo halal, serta perolehan Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI).

Tanti yang juga pemilik usaha olahan lidah buaya dan belimbing tersebut, mengaku saat ini telah memiliki izin PIRT dan halal. Namun, untuk logo halalnya masih perlu dilakukan perbaikan, karena masa berlakunya sudah habis. Begitu pun untuk HAKI hingga kini belum tertera pada produk yang dihasilkan.

“Izin HAKI sebelumnya sudah pernah saya urus, tapi belum selesai karena data hilang tidak ada pendampingan dari pihak terkait,” tambah Tanti.

Melalui sosialisasi yang dilakukan Pemerintah Kota Depok, kata Tanti, pelaku usaha mikro dapat memperoleh informasi lebih dalam mendapatkan sertifikat legalitas. Tentunya juga dengan pendampingan dan pemantauan agar pelaku usaha yang ingin mengurus izin dapat dengan mudah mendapatkannya. Terlebih, saat mengurus izin halal dan HAKI membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Terakhir, Tanti yang juga sebagai Ketua UKM Pertanian Kota Depok berharap, pemerintah melalui DKUM dapat terus memberikan perhatian lebih kepada pelaku usaha. Sebagai salah satu upaya dalam menyukseskan Depok Sahabat Petani.

“Terima kasih atas keseriusan Pemkot kepada kami, semoga ini dapat berkelanjutan agar usaha mikro di Kota Depok dapat terus meningkat,” tutupnya.

Penulis: Indri
Editor: Dunih dan Yulia Shoim

Diskominfo

Bagikan post melalui :