senam sehatdepok.go.id –  Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas Sawangan, tidak hanya fokus melakukan pelayanan medis kepada warga yang sakit. Tapi, juga mengajak warga membiasakan budaya hidup sehat dengan melakukan senam bersama. Kegiatan ini, juga sangat bermanfaat bagi warga yang terkena penyakit diabetes melitus (DM), darah tinggi (hipertensi), maupun asam urat.

“Setiap hari Jumat minggu ke-1 dan ke-3 kami rutin mengadakan senam sehat program pengelolaan penyakit kronis (Prolanis) bersama Puskesmas, khususnya bagi yang memiliki sakit kronis,” ujar Kepala UPT Puskesmas Sawangan, Elin Herlina, Jumat (07/04/2017).

Elin manambahkan, senam yang rutin dilaksanakannya ini juga sebagai upaya untuk memelihara kesehatan peserta BPJS Kesehatan yang menderita penyakit kronis. Usai kegiatan senam, biasanya pihak Puskesmas Sawangan juga akan melakukan pengecekan tensi darah kepada peserta senam.

“Jadi tidak hanya senam saja, tapi peserta senamnya juga kita tensi darahnya. Untuk lokasi senam selain di Puskesmas Sawangan dilaksanakan juga di dua Kelurahan yaitu, Kelurahan Sawangan dan Sawangan Baru,” ucapnya.

Pelaksanaan senam ini, juga bertujuan untuk mendorong peserta penyandang penyakit kronis mencapai kualitas hidup optimal. Namun, tetap dengan biaya pelayanan kesehatan yang efektif dan efisien.

“Mari bersama-sama ikut bergabung dalam senam Prolanis yang kami adakan, mudah-mudahan bisa sebagai wadah silaturahmi dan komunikasi antara penderita penyakit kronis. Ini juga untuk menjalin keakraban antara penderita Prolanis dengan dokter dan karyawan Puskesmas,” tutupnya.

Penulis: Nurul Hasanah
Editor: Dunih dan Yulia Shoim

Diskominfo

Bagikan post melalui :