dawet

Pemilik usaha cendol daun pisang Heni Juliana (tengah) sedang melayani pembeli di pasar tani, jumat (07/04/2017). (Foto : Nita/Diskominfo)

depok.go.id – Berkat fasilitas yang diberikan Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKPPP) Kota Depok, sejumlah pemilik usaha pertanian di Depok kini menuai sukses. Salah satunya, usaha cendol daun pisang milik Heni Juliana yang selalu dilibatkan dalam Kegiatan Pasar Tani. Lewat kegiatan itu, cendol daun pisang makin dikenal masyarakat sebagai produksi asli warga Depok.

“Alhamdulillah cendol yang berbahan baku dari daun pisang ini banyak diminati. Rasanya enak, bahan baku yang dipakai juga mudah didapat,” ujar Heni, yang ditemui di Pasar Tani Balaikota Depok, Jumat (07/04/17).

Heni yang juga warga Tapos mengatakan, kegiatan Pasar Tani juga dijadikan sebagai ajang promosi produk pertanian, salah satunya cendol daun pisang. Kelebihan cendol daun pisang produksi Kelompok Wanita Tani (KWT) Matahari ini, menggunakan bahan pewarna makanan alami. Sebab, daun pisang yang selama ini hanya dipakai untuk membungkus lontong, pepes, atau makanan lainnya, kini fungsinya diperluas menjadi bahan pewarna makanan yang aman bagi kesehatan.

“Sebulan yang lalu kami bawa dua kilo cendol, dalam waktu dua jam sudah habis. Sekarang kami bawa dua setengah kilo. Alhamdulillah sudah hampir habis,” ucapnya.

Dengan harga Rp 6 ribu, pengunjung Pasar Tani bisa melepas dahaga dengan menikmati segelas es cendol daun pisang. Heni mengaku, kegiatan Pasar Tani yang rutin dilaksanakan setiap bulan, cukup membantu omzet penjualannya.

Sementara itu, Kepala Bidang Perikanan DKPPP Kota Depok, Ita Wilda mengatakan, pihaknya berupaya memfasilitasi tempat bagi pelaku usaha hasil pertanian untuk melakukan promosi usaha. Ita berharap, dengan adanya kegiatan Pasar Tani ini mampu mendongkrak potensi hasil tani yang ada di Kota Depok. Kegiatan ini juga merupakan wujud dari program pemerintah yaitu, Depok Sahabat Petani. Lewat kegiatan inilah, Pemkot Depok merangkul petani agar produknya diterima pasar secara luas.

“Kami berharap kegiatan ini berjalan secara berkesinambungan, tentunya ini juga menjadi harapan seluruh petani di Depok. Kegiatan ini juga mudah-mudahan mampu memfasilitasi dan menjadi wadah bagi mereka yang membutuhkan promosi, maupun bagi masyarakat yang membutuhkan hasil tani,” pungkasnya.

Penulis: Vidyanita
Editor: Dunih dan Yulia Shoim

Diskominfo

Bagikan post melalui :