Ketua YKI Kota Depok Elly Farida meresmikan Klinik Pratama Rawat Inap ‘Klinik Kita’ di Kelurahan Grogol, Kecamatan Limo, Sabtu (07/04/18). (Foto : Nita/Diskominfo)

depok.go.id –   Keberadaan klinik swasta dinilai sangat membantu Pemerintah Kota (Pemkot) Depok dalam memenuhi kebutuhan masyarakat akan fasilitas kesehatan yang berkualitas. Terlebih, kebutuhan terhadap kesehatan merupakan hak dasar masyarakat yang harus dipenuhi.

“Klinik dari pemerintah kan jumlahnya terbatas, maka adanya klinik swasta bisa menyempurnakan kekurangan tersebut. Kebutuhan masyarakat akan pelayanan kesehatan juga secara otomatis akan terpenuhi, karena pelayanan kesehatan merupakan hak dasar dan penting yang harus diberikan oleh masyarakat,” ujar Ketua Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Kota Depok, Elly Farida, usai meresmikan Klinik Pratama Rawat Inap ‘Klinik Kita’ di Grogol Raya RT 006 RW 01 Kelurahan Grogol, Kecamatan Limo, Sabtu (07/04/18).

Dirinya juga mengapresiasi klinik yang telah bekerja sama dengan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS), seperti yang sudah dilakukan oleh Klinik Kita. Dengan adanya kerja sama ini, Elly berharap pemenuhan atas pelayanan kesehatan di Kota Depok, dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

“Kami mengapresiasi Klinik Kita yang sudah terintegrasi oleh FKTP BPJS. Mudah-mudahan seluruh klinik yang belum terintegrasi, bisa mengikuti,” terangnya.

Senada dengan itu, Direktur Klinik Kita Nurul Hidayati mengatakan, pihaknya memiliki kegiatan yang telah berjalan maupun rutin dilaksanakan, yang berbasis pelayanan untuk masyarakat seperti roadshow ke warga terkait penyuluhan kesehatan, senam prolanis setiap hari minggu di halaman Klinik Kita serta pemeriksaan tensi dan gula darah gratis.

“Pada bulan November lalu juga kami mengadakan pengobatan kepada 250 pasien, pemasangan implan IUD, periksa kehamilan dan yang hari ini berjalan, kami juga melakukan pelayanan papsmear yang bekerja sama dengan Penanggulangan Kanker Terpadu Paripurna (PKTP) Kelurahan Limo. Semua pelayanan kesehatan tersebut tidak dipungut biaya apapun alias gratis untuk masyarakat,” ucapnya.

Untuk diketahui, saat ini Klinik Kita membuka berbagai pelayanan seperti Unit Gawat Darurat (UGD), poli umum, poli gigi, poli kebidanan dan kandungan, ahli gizi, psikolog anak, serta layanan rawat inap.

Penulis: Vidyanita

Editor: Dunih dan Rita Nurlita

Diskominfo

Bagikan post melalui :