Bunda Elly memberikan materi tentang relasi suami dan istri dalam membangun ketahanan keluarga di aula Kecamatan Sukmajaya. (Pipin/Diskominfo).

depok.go.id-Puluhan keluarga di Sukmajaya mendapatkan pembinaan tentang Ketahanan Keluarga dari Ketua Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kota Depok, Elly Farida. Kegiatan ini bertujuan menyatukan persepsi antara suami dan istri dalam menerima segala kekurangan dan kelebihannya, guna mencapai keluarga yang harmonis.

Elly juga memberikan tipsnya dalam mewujudkan ketahanan keluarga, yang dikemas dalam tiga konsep, Aku Ingin. Yaitu, aku ingin mengenalmu lebih dekat, aku ingin bersamamu dalam suka dan duka, dan aku ingin bersamamu di surga nanti.

“Tips Aku Ingin ini, dijalankan dengan dasar cinta. Yaitu rasa saling peduli, perhatian, dan berbagi kepada pasangan hidup kita,” katanya, di Kantor Kecamatan Sukmajaya, Senin (07/05/2018).

Sementara itu, pakar parenting, Ana Nurwidiyana menambahkan, faktor utama dari terjadinya perceraian adalah perseteruan yang tidak berujung. Satu sama lain, katanya, tidak ada yang mau memahami dan mengalah.

Ana menuturkan, ketahanan keluarga dipengaruhi oleh kualitas hubungan suami dan istri. Karenanya, relasi suami dengan istri harus kuat, dan faktor yang mempengaruhi keberhasilan itu, adalah komunikasi, pembagian peran, dan manajemen konflik.

“Dalam mewujudkan Ketahanan Keluarga, suami dan istri harus memiliki kesepahaman tentang keluarga. Kalau konsep berkeluarganya saja tidak satu frame, akan sulit berbicara tentang keutuhan keluarga,” tutupnya.

Penulis: Pipin Nurullah
Editor: Dunih dan Rita Nurlita
Diskominfo

Bagikan post melalui :