Kepala UPF Puskesmas Cipas Winarni Naweng Triwulandari saat melakukan sosialisasi GERMAS kepada masyarakat. (Foto: Indri/Diskominfo)

depok.go.id- Unit Pelaksana Fungsional (UPF) Puskesmas Cisalak Pasar (Cipas) terus mengajak masyarakat untuk menerapkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS). Salah satu caranya saat pelaksanaan Gebyar Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-19 Kota Depok yang melibatkan ribuan masyarakat pada (06/05) kemarin.

Kepala UPF Puskesmas Cipas Winarni Naweng Triwulandari mengatakan, penerapan GERMAS dimaksudkan agar masyarakat dapat meningkatkan kualitas hidup menjadi lebih baik. Dengan demikian, nantinya masyarakat dapat hidup sehat dan sejahtera.

“GERMAS ini merupakan gerakan yang dapat menjaga tubuh tetap sehat, maka perlu untuk dilakukan masyarakat,” ucapnya kepada depok.go.id, belum lama ini.

Dirinya menjelaskan, gerakan yang dicanangkan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) ini terdiri dari beberapa kegiatan. Diantaranya adalah dengan peningkatan aktivitas fisik yang dapat dilakukan di sekolah, rumah, tempat kerja, saat perjalanan dan tempat umum lainnya.

Selain itu, sambungnya, penyediaan pangan sehat dan percepatan perbaikan gizi juga dapat dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi sayur dan buah secara rutin.

Selanjutnya, sambung Naweng, peningkatan pencegahan dan deteksi dini penyakit dapat dilakukan dengan memeriksa kesehatan secara berkala. Kegiatan lain yang dapat dilakukan adalah dengan peningkatan perilaku hidup sehat, peningkatan kualitas lingkungan, serta peningkatan edukasi hidup sehat.

“Ada sejumlah poin untuk dilakukan masyarakat dalam mendukung GERMAS. Semoga dengan berbagai kegiatan tersebut kesehatan masyarakat dapat terus meningkat,” tutup Naweng.

Penulis : Indri Purnama
Editor : Retno Yulianti
Diskominfo

Bagikan post melalui :