depok.go.id – Sebanyak 38 satuan Perangkat Daerah (PD) mengikuti Sosialisasi Hasil Penetapan Evaluasi Jabatan (Evjab) Pemerintah Kota (Pemkot) Depok. Kegiatan tersebut, bertujuan menekankan pentingnya PD membuat Analisa Jabatan (Anjab) dan Analisa Beban Kerja (ABK) yang akurat.

Sekretaris Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Depok, Mary Liziawati mengatakan, Anjab-ABK merupakan salah satu kewajiban yang dikerjakan masing-masing PD, didampingi analis kepegawaian BKPSDM Depok. Selain itu, ucapnya, berdasarkan amanat Undang-undang (UU) Nomor 5 Tahun 2014 tentang ASN, bahwa Evjab dilaksanakan setiap setahun sekali.

“Sosialisasi ini digelar karena Evjab sendiri merupakan dasar penetapan kelas jabatan ASN. Saat ini, yang menjadi dasar penetapan pembayaran gaji adalah kelas jabatan. Berbeda halnya dari tahun sebelumnya, yang masih berdasarkan pangkat atau golongan,” kata Mary, di Balai Kota, belum lama ini.

Lebih lanjut, kata Mary, hasil dari Anjab-ABK juga untuk menyusun kebutuhan jumlah pegawai berupa peta jabatan di masing-masing PD. Dari Anjab-ABK, sambungnya, ada informasi jabatan yang dipakai untuk menyusun Evjab.

Mary menambahkan, puluhan peserta yang mengikuti sosialisasi terdiri dari kepala sub bagian (kasubbag) umum atau sekretaris dinas (sekdis) di semua PD. Termasuk, di dalamnya ada 11 perangkat kecamatan, dikarenakan penyusunan Anjab-ABK di daerah ada di kecamatan.

“Pematerinya sendiri langsung dari perwakilan Kementerian PAN-RB. Seperti materi yang disampaikan terkait pengertian Evjab sekaligus pentingnya Evjab bagi PD,” terangnya.

Namun demikian, Mary menegaskan, hasil penyusunan Anjab-ABK yang sudah ditetapkan di tahun sebelumnya, masih bisa terjadi perubahan. Misalkan apabila ada perubahan Susunan Organisasi dan Tata Kerja (SOTK).

“Bisa jadi, jabatan tertentu yang sebelumnya tidak ditetapkan menjadi harus ada. Dengan demikian, harus disusun Anjab-ABK lagi kemudian dievaluasi kembali,” pungkasnya.

Penulis: Pipin Nurullah

Editor: Retno Yulianti

Diskominfo

Bagikan post melalui :