7. transjabodetabek_4depok.go.id – Kementerian Perhubungan Republik Indonesia beserta Pemerintah Kota Depok resmi meluncurkan bus Transjabodetabek di Terminal Terpadu Kota Depok, Senin (07/08/2015).

Pengembangan dan pengoperasian bus rapid transit ini merupakan implementasi dari visi dan misi Pemerintah Republik Indonesia periode 2014-2019, yaitu Konsep Trisakti dan Program Nawacita. Hal ini disusun pada agenda program prioritas dalam RPJMN 2015-2019, yaitu dengan membangun transportasi massal di kawasan perkotaan dengan arah kebijakan mengembangkan sistem angkutan massal yang modern dan maju dengan berorientasi pada bus maupun rel.

“Bus Transjabodetabek ini adalah salah satu pengembangan angkutan bus rapid transit di 34 kota,” tutur Direktur Utama Perum PPD Kementerian Perhubungan Republik Indonesia, Pande Putu Yasa.

Layanan bus Transjabodetabek yang diberikan oleh Kementerian Perhubungan tersebut sebanyak 28 unit. Seluruhnya dilengkapi dengan sistem informasi teknologi komunikasi berupa sistem pembayaran e-ticketing kartu PPD Parama dengan kemudahan isi ulang saldo di dalam bus, global positioning system (GPS), CCTV, Bus Management System, dan akan dilengkapi dengan automatic passanger couting serta passanger information system.

Adapun untuk rute perjalanan koridor bus Transjabodetabek dimulai dari Terminal Kota Depok – Juanda – Tol Cijago – Tol Jagorawi – Cawang atau PGC – Grogol. Sementara untuk tarifnya pun tergolong murah, yaitu Rp 9 ribu. 

Lebih lanjut, layanan bus Transjabodetabek tersebut memberikan sarana perjalanan bagi komuter dari wilayah sekitar Jakarta (Kota Depok khususnya) dan terintegrasi dengan layanan bus Transjakarta. Pola sinergi ini memberikan keselarasan intermoda.

“Dengan menggunakan bus ini, warga Depok secara langsung dapat menggunakan fasilitas pada bus Transjakarta tanpa mengeluarkan biaya tambahan, karena sudah diintegrasi langsung dengan jalur busway,” tambahnya.

Sementara itu, Walikota Depok Nur Mahmudi Isma’il mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada Kementerian Perhubungan yang telah memfasilitasi adanya bus Transjabodetabek ini. Hal tersebut karena warga di Kota Depok dapat lebih mudah menggunakan transportasi umum untuk ke wilayah Jakarta. Tentunya dengan kelengkapan kenyamanan dan keamanan yang sangat baik.

“Warga Depok seharusnya lebih berbahagia karena kapasitas transportasi umum lebih bertambah dan pastinya lebih mudah, karena sudah terintegrasi dengan bus Transjakarta,” ujar Pemimpin Kota Belimbing tersebut.

Mulai beroperasinya bus Transjabodetabek ini, Nur Mahmudi berharap kenyamanan dan keamanan warga Depok dalam bertransportasi dari Depok ke Jakarta atau dari Jakarta ke Depok dapat lebih mudah dan terjamin. (Indri/Ed: Fahrudin Mualim – Diskominfo).

Bagikan post melalui :