verifikasi kota sehatdepok.go.id – Pemerintah Kota Depok melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) menerima kedatangan Tim Recheking Kota Sehat yang bertempat di Aula Edelweis lantai 5, Balai Kota Depok, Senin (07/09/15).

Ini merupakan hari pertama kegiatan verifikasi penilaian Kota Sehat yang dijadwalkan dari tanggal 7 hingga 18 September dan diikuti oleh 21 dari 27 kabupaten dan kota. Rencananya, Tim Recheking akan mengelilingi 11 kecamatan di Kota Depok untuk melakukan penilaian.

Asisten Administrasi Kota Depok, Widyati Riyandani yang saat itu ikut dalam penerimaan kunjungan mengatakan, Depok sebelumnya sudah meraih predikat Kota Sehat dengan kategori Swasti Saba Padapa, di mana Kota Belimbing ini telah memenuhi dua tatanan Kota Sehat, yakni kawasan permukiman sarana prasarana umum yang sehat dan tatanan kehidupan masyarakat yang sehat mandiri.

“Ini merupakan hasil kerja keras bersama melalui beberapa tahapan, mudah-mudahan pertemuan ini dapat berlanjut dan Kota Depok kembali mendapatkan penghargaan Swasti Saba Wiwerda,” ujar wanita yang kerap disapa Wid ini.

Adapun untuk mencapai kategori Swasti Saba Wiwerda tersebut, paling tidak Depok membidik dua tatanan tambahan, yaitu tatanan pangan dan gizi, serta tatanan kehidupan sosial yang sehat. Menurut Wid, Depok sangat berpeluang meraih predikat Kota Sehat dengan kategori Swasti Saba Wiwerda, karena persiapan yang dilakukan sudah mencapai 100 persen.

Sementara itu, Ketua Tim Verifikasi Kota Sehat Tingkat Nasional, Tutut menjelaskan, Kota Sehat merupakan suatu kondisi di mana ada empat indikator yaitu bersih, aman, nyaman, dan sehat.

“Sehat itu head impact, apabila sebuah kota tidak benar penataan lingkungan yang berwawasan, larinya akan ke head impact dan humannya. Dalam konsep kabupaten atau kota sehat ini, kami berharap kata sehat bukan hanya milik Dinas Kesehatan (Dinkes) tapi milik semua masyarakat,” tutur Tutut. (Vidyanita/Ed: Fahrudin Mualim – Diskominfo).

Bagikan post melalui :