kubedepok.go.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Depok melalui Dinas Tenaga Kerja dan Sosial (Disnakersos) mengucurkan dana Kelompok Usaha Bersama (KUBE). Adapun wilayah yang mendapat dana KUBE, yaitu Kelurahan Curug dan Pondok Petir yang keduanya berada di Kecamatan Bojongsari.

Kepala Disnakersos Kota Depok, Diah Sadiah menjelaskan bahwa program KUBE merupakan salah satu pendekatan dalam rangka pemberdayaan masyarakat guna menanggulangi kemiskinan yang dilakukan oleh pemerintah, baik pemerintah pusat maupun daerah. Kegiatan pemberdayaan ini meliputi pemberian bantuan stimulan untuk kegiatan Usaha Ekonomi Produktif (UEP), pendampingan dalam merintis dan mengembangkan usaha, serta peningkatan keterampilan anggota.

“Dana yang digulirkan akan diberikan kepada 140 orang yang berasal dari dua kelurahan di Bojongsari,” ujar Diah.

Mantan Kepala Bagian Humas dan Protokol itu menguraikan, 140 orang yang mendapat dana KUBE tersebut terbagi dalam 14 kelompok dengan masing-masing kelompok beranggotakan 10 orang. Sementara untuk jumlah dana yang diberikan, Diah mengatakan tiap kelompok diberikan sebesar Rp 20.000.000 (dua puluh juta rupiah). Menurutnya, ada beberapa usaha yang bisa dijalankan oleh masing-masing Kelompok Usaha Bersama (KUBE), di antaranya perdagangan umum, kuliner (kue basah, gado-gado, nasi uduk), jasa (bengkel, barber shop, penjualan pulsa, menjahit), pertanian (tanaman hias, arang kayu), atau bisa juga  ternak, serta budidaya ikan.

Wakil Walikota Depok, Idris Abdul Shomad menuturkan dengan digulirkannya KUBE menjadi salah satu program dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Ia juga mengingatkan agar dalam satu kelompok bisa satu hati dan satu persepsi sehingga benar-benar dapat meningkatkan omzet. Hal ini tentunya agar kesejahteraan keluarga dapat terangkat.

“Mudah-mudahan tiap kelompok dapat sehati agar usaha yang sama-sama dijalankan dapat berjalan dengan sukses, sehingga keberhasilan dalam kelompok dapat diraih,” harap Idris. (Nurul Hasanah/Ed: Fahrudin Mualim – Diskominfo).

Bagikan post melalui :