Puluhan kader Gugus Tugas Kelurahan mengikuti pembinaan dari Kecamatan Sukmajaya di Gedung Balatkop Sukmajaya, belum lama ini. (Muadz/Diskominfo)

depok.go.id – Camat Sukmajaya, Tito Ahmad Riyadi, mengajak Gugus Tugas Kelurahan untuk menyukseskan program RW Ramah Anak. Mereka diminta untuk menginformasikan ke setiap Ketua RW untuk memperkuat peranannya untuk menciptakan wilayah yang ramah anak.

“Artinya dengan terlibat aktif di program tersebut, sama saja dengan menjalankan peranan RW di masyarakat,” kata Tito, sapaannya, saat membuka acara Penguatan Gugus Tugas Kelurahan di Gedung Balatkop Sukmajaya, belum lama ini.

Dikatakannya, salah satu kewajiban gugus tugas wilayah adalah membuat profil lingkungan khususnya terkait data anak. Mulai dari rata-rata pendidikan anak, kesehatan, usia, hingga jumlah anak yang memiliki Kartu Indonesia Anak (KIA) dan akta kelahiran.

“Ketika semua di data dengan baik, berarti profil dari RW tersebut lengkap. Dampak positifnya, kita bisa memantau perkembangan anak di lingkungan masing-masing. Termasuk, mencegah terjadinya kekerasan terhadap anak,” jelasnya.

Tito menambahkan, dalam mewujudkan Kota Layak Anak (KLA) tidak bisa dilakukan satu pihak saja. Selain itu, harus dimulai dari wilayah terkecil. Karena KLA, sambungnya, merupakan program berjenjang dari RW, kelurahan, kecamatan, dan kota.

“Karena itu penguatan gugus tugas itu sangat penting. Di sini kita menunjukkan komitmen bersama mewujudkan KLA,” pungkasnya.

 

 

Penulis: Pipin Nurullah

Editor: Retno Yulianti

Diskominfo

 

 

Bagikan post melalui :