duta sebaya

Fidan Huda Fikransyah, siswa kelas VII SMP Cakrabuana (berkacamata) bersama peserta lainnya saat mengikuti Pelatihan Dongeng Bagi Forum Anak Depok. (Foto : Nurul/Diskominfo)

depok.go.id – Untuk suksesnya program Kota Layak Anak (KLA), diperlukan sosialisasi yang masif. Dengan mengangkat Duta Sebaya, sosialisasi KLA menjadi lebih luas lagi karena menyasar semua kalangan.

Kepala Seksi Pengembangan KLA Dinas Perlindungan Anak Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga (DPAPMK) Kota Depok, Intan Yustisiawati mengatakan, Duta Sebaya akan menjadi juru bicara terkait program-program KLA dengan bahasa mereka sendiri.

“Karena kadang kalau membicarakan program KLA dan sosialisasi KLA di kalangan pemuda dan remaja, dirasa perlu dan lebih mengena kalau dari yang seumuran dengan mereka,” ujar Intan, usai Pelatihan Dongeng bagi Forum Anak Depok, di Wisma Hijau, Cimanggis, Selasa (07/11/2017).

Untuk itu, kata Intan, pihaknya melatih siswa SMP dan SMA negeri dan swasta yang umumnya perwakilan dari pengurus OSIS, serta perwakilan forum anak kecamatan untuk mendapat keterampilan dalam public speaking. Selain itu, Duta Sebaya juga diberi pembekalan mengenai komunikasi yang efektif.

“Kami menghadirkan pendongeng yang sudah kenamaan yakni Kak Resha, dan Ketua TP PKK Kota Depok, Bunda Elly,” ucapnya.

Sementara itu, salah satu peserta yang hadir, Fidan Huda Fikransyah, siswa kelas VII SMP Cakrabuana mengaku, apa yang sudah didapatnya sangat bermanfaat sekali buat bekalnya di kemudian hari. Selain itu, dirinya juga mendapat pengalaman untuk bisa berbagi bersama teman-temannya yang berbeda sekolah untuk bertukar pendapat dan pikiran.

Dirinya juga berjanji untuk menceritakan pengalaman yang didapatnya ini pada teman-teman di sekolahnya.

“Biasanya di sekolah kami ada sebuah forum, kita bisa bercerita mengenai segala pengalaman yang kita dapatkan. Tentunya 3 perwakilan dari Cakrabuana akan gencar menurunkan materi yang didapat pada teman-teman sekolah,” pungkas Fidan.

Penulis: Nurul Hasanah

Editor: Dunih dan Rita Nurlita

Diskominfo

Bagikan post melalui :