depok.go.id – Kelurahan Duren Seribu (Duser) memiliki Taman Herbal Bejo (THB) yang terletak di RW 01 yang dikelola oleh Kelompok Wanita Tani (KWT) Prima Jaya Mandiri. Lewat THB diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraan warga di sekitar taman ini.

Lurah Duser, Suhendar mengatakan, dalam THB terdapat berbagai tanaman obat keluarga (Toga) namun yang utama berupa jahe merah. Beragam tanaman tersebut, ucapnya, bisa dijadikan obat sehingga masyarakat yang sakit tidak perlu membeli obat-obatan. Tanaman itu pula, jika sudah waktunya panen bisa untuk dijual dan mendatangkan tambahan pendapatan bagi warga.

“THB ini kami usahakan ada di tiap Posyandu di wilayah Duser, selain itu THB menjadi penunjang program Halaman Asri Teratur Indah Nyaman (Hatinya) PKK,” ujar Suhendar kepada depok.go.id di aula Kecamatan Bojongsari, belum lama ini.

Dirinya mengaku bangga dengan upaya kader PKK Duser membuat THB, sebab secara estetika taman tersebut sangat bagus karena mempunyai banyak variasi tanaman. Ia pun berharap tanaman itu tidak hanya ditanam di taman saja, namun dapat dikembangkan di rumah warga lainnya.

“Kami berharap pengembangan THB tidak hanya sebatas di taman yang diurus kader PKK melalui KWT saja. Tetapi ada baiknya di rumah-rumah juga mulai manfaatkan pekarangan untuk menanam Toga,” tandasnya.

Penulis: Nurul Hasanah

Editor: Retno Yulianti

Diskominfo

Bagikan post melalui :