Pelatihan Usaha Mikro dan Kecil (UMK) Kelurahan Pondok Cina di Hotel Bumi Wiyata, Kamis (07/11/2019).

depok.go.id-Untuk memaksimalkan pemanfaatan Dana Alokasi Umum (DAU) dari pemerintah pusat, Kecamatan Beji menggelar kegiatan  pelatihan Usaha Mikro dan Kecil (UMK) di enam kelurahan. Pelatihan UMK merupakan kegiatan terakhir, setelah sebelumnya digelar kegiatan mitigasi bencana, pembentukan Kampung KB serta konvensi hak anak.

Camat Beji, Anis Fatoni mengatakan, setiap kelurahan mendapatkan DAU dari pemerintah pusat sekitar Rp 360 juta. DAU tersebut dibagi dalam 4 kegiatan. Sebelumnya tiga kegiatan sudah dilakukan, kini kegiatan diberikan berupa pelatihan UMK kepada masyarakat Beji.

“Bulan November 2019, enam kelurahan yang ada di Beji berurutan akan menggelar pelatihan UMK yang disesuaikan dengan potensi wilayahnya. Misalnya, kemarin Tanah Baru dengan kulinernya dan Pondok Cina dengan usaha jasa laundry,” ujarnya kepada depok.go.id usai menghadiri  pelatihan Usaha Mikro dan Kecil (UMK) Kelurahan Pondok Cina di Hotel Bumi Wiyata, Kamis (07/11/2019).

Dirinya menjelaskan, pihaknya berupaya memanfaatkan DAU dengan kegiatan yang langsung bersentuhan dengan masyarakat. Sehingga nantinya masyarakat pula yang dapat merasakan manfaatnya.

“Mitigasi bencana juga diajarkan bagaimana cara menanggulangi bencana kebakaran dan lainnya, pembentukan Kampung KB, adanya konvensi hak anak serta pelatihan UMK. Semua untuk kesejahteraan masyarakat,” ucapnya.

Anis menambahkan, dirinya berharap masyarakat Beji semakin maju di berbagai bidang. Dengan begitu, tujuan masyarakat Beji yang berketahanan keluarga dapat tercapai.

“Harapan saya kegiatan seperti ini dapat terus dilakukan. Kalaupun bukan berasal dari DAU pusat, Pemkot Depok pasti akan memfasilitasi,” tutupnya.

Penulis : Janet Swastika
Editor : Dunih
Diskominfo

Bagikan post melalui :