depok.go.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Depok terus melakukan berbagai upaya untuk mewujudkan ruang terbuka hijau (RTH) menjadi sebuah agrowisata, di mana nantinya RTH yang ada dapat menjadi wahana edukasi dan rekreasi bagi masyarakat luas. Pemanfaatan tersebut dibentuk dengan sebuah Taman Arboretum Indonesia.

“Ini penting untuk saat ini dan masa depan, pembangunan kota dan kabupaten harus perspektif dalam penyediaan RTH yang selanjutnya dapat dikembangkan menjadi sebuah Agrowisata,” jelas Walikota Depok, Nur Mahmudi Isma’il, saat menghadiri Seminar Nasional Ruang Terbuka Hijau dan Keanekaragaman Hayati di Hotel Bumu Wiyata, Margonda, Depok, Senin (07/11/2015).

Demi mewujudkan hal tersebut, pemimpin Kota Belimbing ini menambahkan bahwa pihaknya melakukan berbagai upaya dalam memanfaatkan RTH menjadi Taman Arboretum Indonesia. Adapun upaya yang dilakukan, yaitu mempertahankan fungsi dan menata ruang terbuka hijau yang telah ada dan mengembalikan ruang terbuka hijau yang telah beralih fungsi.

Selain itu juga meningkatkan ketersediaan ruang terbuka hijau melalui pengadaan tanah untuk kepentingan umum, serta mengembangkan kerjasama antara pemerintah daerah dengan swasta dan masyarakat dalam penyediaan dan pengelolaan ruang terbuka hijau.

“Semoga seluruh ikhtiar yang kami lakukan dapat memberi dampak positif agar RTH dapat menjadi sarana yang bermanfaat untuk masyarakat di Kota Depok,” tutup mantan Menteri Kehutanan di Era Abdurrahman Wahid ini. (Indri/Ed: Fahrudin Mualim – Diskominfo).

Bagikan post melalui :