forum komunikasi dkppp

Forum komunikasi antar DKPPP dan dokter hewan swasta di Rumah kabeda, baru-baru ini. (Dok : DKPPP)

depok.go.id – Banyaknya praktik dokter hewan di Kota Depok, menjadi keuntungan tersendiri bagi Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKPPP) Kota Depok. Dengan keberadaan dokter hewan tersebut, mempermudah koordinasi DKPPP untuk mengantisipasi penyakit zoonosis atau penularan penyakit pada hewan ke manusia maupun sebaliknya.

“Praktik dokter atau pun klinik kesehatan hewan saat ini kian menjamur, agar sinergitas tetap terjalin kami sudah melakukan sebuah pertemuan yang dibentuk dalam forum komunikasi  baru-baru ini. 30 peserta yang hadir merupakan dokter hewan dari pihak swasta yang tinggal maupun bekerja di luar Depok,” ujar Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan DKPPP Kota Depok, Dede Zuraida, di ruang kerjanya, Kamis (07/12/17).

Selain itu, dalam kesempatan tersebut, Pemkot Depok juga membuka ruang komunikasi seluas-luasnya bagi para dokter hewan untuk bertukar pikiran atau pun menyampaikan aspirasi. Melalui kegiatan tersebut, pihaknya berharap terjalin sinergitas antara Pemkot dan dokter hewan swasta dalam hal pendataan penyakit atau pun potensi adanya wabah penyakit yang ditularkan hewan ke manusia.

“Jumlah Sumber Daya Manusia (SDM) kami terbatas. Pertemuan ini diharapkan bisa terus berkelanjutan, agar tercipta sinergi satu sama lain. Karena tidak bisa dimungkiri, kami juga membutuhkan mereka (dokter hewan swasta) dalam hal pengawasan penyakit hewan  di Kota Depok,” tambahnya.

Dirinya berharap, kegiatan ini mampu menumbuhkan kerja sama antara kedua belah pihak. Sehingga adanya potensi bahaya penyakit hewan yang ditularkan ke manusia, dapat ditekan sedini mungkin.

“Ini merupakan tanggung jawab kita bersama. Mudah-mudahan sinergi ini dapat terus terjalin, sehingga mewujudkan Kota Depok yang aman dan nyaman,” pungkasnya.

Penulis: Vidyanita/ Diskominfo

Editor: Dunih dan  Rita Nurlita

Diskominfo

Bagikan post melalui :