rudi marodi

Ketua KTNA Kota Depok Rudi Murodi. (Foto : Nita/Diskominfo)

depok.go.id – Tidak bisa dimungkiri kemajuan teknologi yang semakin berkembang, ikut berpengaruh dalam mendorong kemajuan ekonomi. Lewat pemanfaatan media online, Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kota Depok juga akan membantu petani memasarkan hasil produksinya sehingga diharapkan ikut mengangkat kesejahteraan para petani di Kota Depok.

“Kita harus mengikuti tren saat ini yang apa-apa bisa dilakukan secara online. Mengapa tidak? Kita juga memasarkan hasil tani melalui media online. Nantinya akan kita cari partner yang memang bisa konsen untuk pasarkan produk pertanian,” ujar Ketua KTNA Kota Depok, Rudi Murodi di Balai Kota, Kamis (07/12/17).

Dikatakannya, bazar tani yang selama ini digelar sudah cukup membantu petani dalam menjual hasil panennya. Namun, media online juga membuka peluang seluas-luasnya bagi siapa saja yang ingin melakukan transaksi jual beli dengan cara yang lebih mudah.

“Kalau bazar tani dilakukan setiap bulan sekali, maka tidak akan bisa mengakomodir semua petani yang jumlahnya ratusan di Kota Depok. Karena petani yang ikut dalam kegiatan tersebut sifatnya bergilir. Untuk memaksimalkan pemasaran atau pendistribusian, petani harus lebih modern dengan merambah dunia online. Pelan-pelan akan kita sosialisasikan kepada petani,” ucapnya.

Namun demikian, cara pemasaran ini akan dikaji terlebih dahulu, mengingat setiap barang membutuhkan penanganan berbeda-beda. Terlebih, untuk jenis buah-buahan yang kerap mengalami fluktuasi harga.

“Barang-barang hasil tani memerlukan penanganan khusus. Tidak seperti fashion atau kerajinan tangan yang mudah dikemas dan diantar kapan saja. Untuk itu, cara pemasaran ini akan kita kaji. Mudah-mudahan dapat terealisasi sesegera mungkin,” pungkasnya.

Penulis: Vidyanita

Editor: Dunih dan Rita Nurlita

Diskominfo

Bagikan post melalui :