bojongsari_berlian

depok.go.id – Majunya Posyandu Lily RW 015, Kelurahan Pondok Petir (Pontir) mewakili Kecamatan Bojongsari dalam lomba Posyandu tingkat Kota Depok bukan tanpa bukti. Wilayah di ujung barat Kota Depok ini memiliki sederet inovasi, sehingga diharapkan dapat menjadi nilai tambah bagi tim penilai.

Lurah Pontir yang juga Ketua Pokja Posyandu Kelurahan Pontir, Anwar Nasihin mengatakan, wilayah yang dipimpinnya memiliki program inovasi yang diberi nama Pentas Berlian yang merupakan kepanjangan dari Pondok Petir Sejuta Biopori Agar Lingkungan Nyaman. Menurutnya inovasi ini digulirkan agar dapat memaksimalkan resapan air yang masuk ke dalam tanah di wilayah Pontir, mengurangi genangan air yang dapat menjadi sarang nyamuk atau sumber penyakit, serta mencegah risiko banjir saat musim hujan.

“Lubang biopori ini juga dimaksudkan untuk meningkatkan pertumbuhan tanaman,” terang Anwar, di Posyandu Lily RW 015, Kamis (07/12/2017).

Inovasi lainnya, tambah Anwar, yaitu menggiatkan Gim Pontir atau Gerakan Infak Masyarakat Pondok Petir. Dengan gerakan ini diharapkan timbul kesadaran warga untuk membantu masyarakat yang tidak mampu dan rawan putus sekolah atau pun membantu membuka lapangan kerja baru lewat kegiatan wirausaha.

“Dengan gerakan ini pula masyarakat diajak untuk memperhatikan guru ngaji dan pembinaan pada remaja masjid,” katanya.

Sedangkan inovasi yang berkaitan langsung dengan Posyandu, yakni tersedianya Ruang Laktasi dan Pemijatan Bayi (Sipoppy). Serta ikut memasyarakatkan visi religius Kota Depok dengan mewujudkan kampung tahfiz.

“Dalam kampung tahfiz, anak-anak di sekitar Posyandu diajarkan membaca iqra dan menghafal Alquran oleh seorang ustaz,” tukasnya.

Sementara itu, Camat Bojongsari, Usman Haliyana mengakui, Posyandu Lily RW 015 ini merupakan Posyandu terbaik di Kecamatan Bojongsari tahun 2017. Menurutnya, meskipun ditemukan kendala untuk setiap kegiatan Posyandu karena kesibukan warganya  masing-masing, namun semua bisa diatasi para kader yang bekerja sama dengan Pokja Posyandu Kelurahan dan Pokjanal Posyandu Kecamatan.

“Kader Posyandu Lily sangat cekatan sekali dengan melakukan pendekatan kepada warga masyarakat  melalui kunjungan rumah, pengajian, arisan dan pertemuan RT/RW sehingga kegiatan Posyandu sangat semarak sekali,” tandasnya.

Penulis: Nurul Hasanah

Editor: Dunih  dan Rita Nurlita

Diskominfo

Bagikan post melalui :