Pemerintah Kota Depok melalui Dinas Kesehatan meresmikan Senam Peregangan Tubuh untuk para ASN di Lingkungan Pemerintah Kota Depok pada apel pagi di Lapangan Balai Kota Depok, Senin (07/12/2018). (Foto : Bima/Diskominfo)

depok.go.id-Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok meluncurkan senam peregangan bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) di tempat kerja. Senam tersebut dimaksudkan agar mengurangi kelelahan dan memulihkan konsentrasi.

“Senam ini adalah senam yang dilakukan setelah dua jam kita bekerja dan berada dalam posisi yang sama. Untuk itu, kita perlu melakukan peregangan dan bergerak guna mengurangi kelelahan dan memulihkan konsentrasi,” tutur Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat, Dinkes Kota Depok, May Haryanti kepada depok.go.id, usai senam bersama di lapangan Balai Kota Depok, Jumat (07/12/18).

Dikatakannya, senam peregangan tersebut mulai digalakan oleh Kementerian Kesehatan sejak terbitnya Peraturan Menteri Kesehatan No. 48 tahun 2016, pasal 2 tentang Standar Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Perkantoran. Semua itu, ditujukan sebagai acuan dalam menciptakan gedung kantor yang sehat, aman, nyaman, serta karyawan yang sehat, selamat, bugar, dan produktif.

“Untuk itu, guna membangun ASN yang sehat, bugar, dan produktif, kita mengadakan kegiatan pencanangan senam peregangan di tempat kerja,” ujarnya.

Ia menambahkan, selain mengurangi kelelahan dan memulihkan konsentrasi, senam peregangan memiliki manfaat lainnya. Diantaranya, meningkatkan derajat kesehatan yang optimal, meningkatkan kebugaran jasmani, meningkatkan kualitas dan produktifitas kerja, serta mengurangi tingkat stres akibat kerja.

“Senam peregangan ini akan kita sosialisasikan ke setiap Perangkat Daerah (PD) di tahun 2019. Dengan harapan dapat meningkatkan kebugaran dan gaya hidup sehat bagi ASN,” tandasnya.

Penulis : Jose Marques
Editor : Yulia Shoim
Diskominfo

Bagikan post melalui :