ASN Depok saat mengikuti tes kebugaran di lapangan Balai Kota Depok, Jumat (07/12/18). (Foto: Jose/Diskominfo)

depok.go.id- Dinas Kesehatan (Dinkes) secara rutin melakukan tes kebugaran bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Depok. Tes dengan berbagai metode tersebut dimaksudkan agar ASN dapat mengetahui Indeks Masa Tubuh (IMT), sehingga dapat melakukan perubahan untuk meningkatkan kebugaran mereka.
“Tes ini kembali kami gelar agar ASN dapat mengukur tingkat kebugarannya. Dengan begitu, diharapkan dapat meningkatkan produktivitas mereka,” tutur Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinkes Kota Depok May Haryanti kepada depok.go.id saat tes kebugaran di lapangan Balai Kota Depok, Jumat (07/12/18).
Dikatakannya, pada tes kebugaran, ASN mengikuti berbagai rangkaian tes dengan metode rockport. Dimana, para ASN akan berlari atau jalan cepat dengan jarak 1.600 meter atau mengelilingi lapangan Balai Kota sebanyak delapan kali.
“Setelah selesai, waktu yang ditempuh akan dicatat pada kartu menuju bugar demi menentukan tingkat kebugaran. Tingkatannya mulai dari kurang sekali, kurang, bugar melalui serangkaian tes. Untuk ASN yang mengalami gangguan kesehatan akan diberikan konseling oleh petugas,” katanya.
Dirinya menambahkan, sebelum dilakukan tes kebugaran terdapat beberapa tahapan yang harus dilalui. Diantaranya, pengisian identitas diri, pengukuran berat badan, dan tinggi badan untuk menentukan IMT. Tidak hanya itu, ada juga pengukuran tekanan darah, serta denyut nadi sekaligus penelaahan riwayat penyakit ASN.
“Diharapakan melalui tes ini, semua ASN di Pemkot Depok dapat mengetahui tingkat kebugarannya. Hal itu agar kualitas kesehatan ASN dapat semakin membaik sebagai penunjang kinerjanya,” tandasnya.
Penulis : Jose Marques
Editor : Retno Yulianti
Diskominfo
Bagikan post melalui :