Kepala Puskesmas Tugu, Eka Kurniati. (Foto : Istimewa)

depok.go.id – Puskesmas Tugu di Cimanggis rutin memberikan pembinaan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) ke sekolah. Upaya pencegahan (preventif) tersebut dilakukan sebagai langkah menciptakan lingkungan sekolah yang sehat, sehingga semua elemen bisa terbebas dari gangguan kesehatan.

Kepala Puskesmas Tugu, Eka Kurniati menjelaskan, pembinaan PHBS dimaksud agar tenaga pengajar maupun siswa dapat terus meningkat derajat kesehatannya. Dengan begitu, mereka dapat lebih optimal dalam proses belajar mengajar.

“Dengan lingkungan dan tubuh yang sehat maka kegiatan belajar maupun aktivitas lain di sekolah dapat berjalan dengan baik. Maka PHBS perlu diterapkan oleh mereka.,” tuturnya kepada depok.go.id, Jumat (06/12/19).

Dikatakan Eka, pihaknya juga melakukan pemeriksaan kesehatan kepada siswa dan tenaga pengajar. Tentu hal itu agar mereka mengetahui tingkat kesehatannya.

Selanjutnya, jika hasil pemeriksaan terdeteksi ada yang mengalami gangguan kesehatan akan segera dilakukan pengobatan lebih lanjut. Kemudian, jika perlu dirujuk akan segera ditangani supaya lebih intensif dalam pengobatan.

“Ini juga kami lakukan agar kesehatan siswa dan tenaga pengajar dapat terdeteksi secara dini, sehingga tidak berdampak pada yang lainnya,” pungkasnya.

Penulis : Indri Purnama

Editor : Retno Yulianti

Diskominfo

Bagikan post melalui :