depok.go.id-Organisasi Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) tak lepas dari fungsi dan kerjanya di ranah sosial. Terlebih, gerakan PKK adalah ujung tombak pembangunan yang ikut membantu suksesnya program Pemerintah Kota (Pemkot) Depok di masyarakat.

Wali Kota Depok, Mohammad Idris mengatakan, peran yang bisa diambil PKK dalam bersinergi dengan Pemkot Depok, terutama di bidang pelayanan, pembangunan, maupun pemberdayaan. Begitu pun PKK tingkat kecamatan dan kelurahan memiliki fungsi melekat dengan pemerintahan, karena ketua PKK merupakan istri lurah atau camat. Namun, peran PKK dirasakaan manfaatnya oleh masyarakat, karena tugas utama PKK untuk pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga.

“Dengan keberhasilan PKK dalam kerjanya untuk kesejahteraan keluarga dan masyarakat, hal ini juga berarti berhasilnya bangsa dan negara,” ujar Mohammad Idris, usai menghadiri pelantikan dan serah terima jabatan ketua TP PKK kecamatan dan kelurahan, di aula lantai 1 Gedung Balai Kota Depok, Selasa (08/01/2019).

Dirinya juga mengingatkan kepada para camat, lurah, maupun Perangkat Daerah (PD) lainnya, jika PKK bukan sekadar memberdayakan perempuan dalam ketahanan keluarga belaka. Lebih dari itu kerja PKK terangkum dalam 10 Program Pokok PKK yang bisa dikolaborasikan dengan kegiatan pemerintahan di dinas maupun kecamatan atau kelurahan.

“Sebagai contoh program pokok pertama, erat kegiatannya dengan tugas pokok Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Depok, tentu PKK Depok bisa mengadakan perjanjian untuk bela negara. Serta masih banyak lagi aktivitas yang bisa dilakukan kolaborasi dengan dinas yang lain, tidak hanya dengan Dinas Perlindungan Anak Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga (DPAPMK) saja,” tandasnya.

Penulis: Nurul Hasanah
Editor: Dunih

Diskominfo

 

Bagikan post melalui :