UI

Foto: Istimewa

Depok.go.id- Peningkatan jumlah Warga Negara Asing (WNA) yang menempati Kota Depok disebabkan oleh berbagai faktor. Faktor tersebut diantaranya pekerjaan, pernikahan dan pendidikan. Dari ketiga faktor tersebut, ternyata keberadaan WNA mayoritas dipengaruhi oleh faktor pendidikan.

Kepala Subseksi Status Keimigrasian Kantor Imigrasi Kelas II Kota Depok, Nugraha A. Syahputra mengatakan bahwa dari jumlah WNA yang menempati kota Depok, sebagian besar adalah mahasiswa luar negeri yang mengikuti pertukaran pelajar.

“Dari jumlah WNA yang ada di Depok ini, memang sebagian besar adalah mahasiswa pertukaran pelajar, meskipun ada juga para pekerja dan WNA yang menikah dengan warga Depok,” ucapnya saat ditemui di kantornya pada hari Rabu (08/02/17)

Mahasiswa pertukaran pelajar ini rata-rata berasal dari Universitas Indonesia (UI) maupun Universitas Gunadarma yang memang berada di wilayah Depok. Negara asal para mahasiswa bervariasi, seperti dari Korea Selatan, Jepang, dan Tiongkok.

“Mahasiswa itu rata-rata yang berkuliah di UI dan di Universitas Gunadarma. Berdasarkan data mahasiswa luar negeri terbanyak urutan pertama dari Korea Selatan, disusul Jepang, dan Tiongkok,”jelasnya.

Sebagai kota yang memiliki banyak universitas dan Perguruan Tinggi Negeri (PTN), pendidikan memang menjadi salah satu daya tarik Kota Depok. oleh karena itu, Pemkot Depok selalu menjadikan pendidikan sebagai prioritas dalam pelayanan dasar yang wajib dilakukan dalam pemerintahan.

Afifah

Bagikan post melalui :