HPN-2017-Ambon.depok.go.id – Bersentuhan dengan pers adalah rutinitas yang tidak dapat dihindari oleh kalangan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Depok dan sejumlah pejabat di Pemkot Depok. Suksesnya pembangunan di Kota Depok, juga tak lepas dari masukan dan saran pers. Karena itu, tepat di Hari Pers Nasional (HPN) ke-71 ini, sejumlah harapan diungkapkan mereka demi terciptanya kemajuan Kota Depok tercinta.

Anggota Komisi B DPRD Kota Depok, T Farida mengatakan, keberadaan pers menjadi sebuah keniscayaan. Sebagai salah satu pilar yang mengedukasi masyarakat, pers harus bisa menyeimbangkan informasi dan memberikan nilai tambah di berbagai aspek kehidupan bangsa.

“Informasi positif sangat dinanti untuk bisa mendidik masyarakat. Dengan adanya pers, semoga masyarakat tergerak untuk berpartisipasi dalam mensukseskan pembangunan, khususnya di Kota Depok,” katanya, Rabu (08/02/2017).

Melalui pers, lanjutnya, masyarakat dilatih untuk siap mengkritisi berbagai hal, untuk kemajuan pembangunan.

“Dalam konteks Kota Depok, tentu kami DPRD berharap pers bisa membantu menguatkan komunikasi pembangunan Pemkot kepada masyarakat. Kesertaan masyarakat itu tergantung sejauhmana informasi yang diberikan oleh penyelenggara pemerintah. Nah, pers menjadi pilarnya,” ucapnya.

Dirinya berharap, keberadaan pers dapat membangun cara berfikir masyarakat ke arah yang lebih positif. Sehingga informasi yang disampaikan tidak menimbulkan perpecahan dan konflik.

Sebagai media dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat, pers diharapkan dapat bersifat netral. Artinya seluruh informasi yang penting untuk masyarakat, dapat disampaikan secara baik dan benar, tanpa terkecuali.

“Pers sampai saat ini tetap menjadi pemberi informasi kepada masyarakat yang utama, baik melalui media cetak maupun media audio. Dalam penyampaiannya harus seimbang dan tidak berpihak terhadap siapa pun,” tambah Lurah Tanah Baru, Zulkarnain, Rabu (08/02/2017).

Menurutnya, media juga dapat membantu pemerintah dalam menyebarluaskan rencana program yang akan berjalan, serta pencapaian program yang sudah dilakukan. Ini dimaksud agar keterbukaan informasi dapat diketahui secara keseluruhan.

“Banyak informasi yang ada dan masyarakat harus tahu. Ini sebagai masukan agar pers dapat membantu pemerintah memberikan informasi tesebut kepada masyarakat,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (DKUM) Kota Depok, Mohammad Fitriawan mengatakan, perkembangan pers saat ini tumbuh lebih pesat. Perannya juga sangat penting dalam memberikan informasi dari berbagai program dan kegiatan yang dilakukan Pemerintah Kota Depok.

“Pers memegang peranan penting sebagai jembatan informasi dari pemerintah ke masyarakat. Ini harus dipertahankan, tentunya dengan informasi yang objektif dan tidak memihak,” tegasnya.

Tanggapan serupa dikatakan Kepala Satpol PP Kota Depok Dudi Mi’raz. Ia menilai pers memiliki peranan penting dan strategis dalam memberikan dan meneruskan informasi, terutama penegakan Perda Kota Depok.

“Dalam menjalankan tugas, tentunya kami merasa terbantu dengan keberadaan mereka,” ujarnya.

Dirinya mengatakan, fungsi Satpol PP dalam melakukan penertiban dan penegakan Perda seringkali mendapatkan informasi dari pers mengenai lokasi bangli, pembangunan tanpa izin ataupun lokasi yang dicurigai menjual minuman keras. Info tersebut selanjutnya ditindaklanjuti dengan melakukan peninjauan. Jika memang terbukti, maka Pol PP akan melakukan tindakan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

“Mereka memiliki fungsi kontrol, dengan keterbatasan yang kami miliki. Informasi dari mereka menjadi hal yang berharga,” tuturnya.

Dirinya berharap di HPN ke-71 ini, sikap insan pers yang sudah independen dan objektif bisa terus dipertahankan, sehingga tidak mudah didomplengi oleh kepentingan pihak lain.

“Kami ucapkan terima kasih kepada insan pers yang telah berperan aktif membantu pemerintah, khususnya Satpol PP dalam upaya mengatasi berbagai permasalahan,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Depok, Yulistiani Mochtar berharap, di HPN tahun 2017 ini,  kegiatan jurnalistik dalam menyampaikan informasi dapat memberikan kontribusi positif bagi Kota Depok. Dengan begitu tercipta sinergitas yang baik dari pihak pemerintah, pers dan juga masyarakat demi terciptanya Kota Depok menjadi lebih baik lagi.

“Khusus untuk dinas kami, tentunya untuk membantu sosialisasi tentang perizinan. Dengan begitu, tata ruang kota bisa tertata dengan baik,” pungkasnya.

Penulis: Vidyanita/Indri/Rysko

Editor : Dunih dan Yulia Shoim

Diskominfo

Bagikan post melalui :