hari pers

Wali Kota Depok Mohammad Idris. (Foto : Vidyanita/Diskominfo)

depok.go.id – Hari Pers Nasional (HPN) ke-71 yang yang jatuh pada 9 Februari besok, punya arti khusus bagi Wali Kota Depok Mohammad Idris. Orang nomor satu di Kota Depok yang cukup bersahabat dengan media itu, berharap pers seimbang dalam mendistribusikan informasi kepada masyarakat.

Mohammad Idris menegaskan, keberadaan media juga harus memberikan edukasi terhadap masyarakat. Pasalnya, masyarakat selama ini telah setia menjadi khalayak pembaca, hingga membuat media tetap mendapat tempat di masyarakat.

“Sebagai insan pers, harus melakukan semacam keseimbangan dalam mendistribusikan informasi kepada masyarakat. Jangan hanya unsur atau nilai yang bersifat profit saja. Tapi, bagaimana media juga mampu berperan dalam faktor edukatifnya. Di samping itu, masyarakat juga harus melek media,” terang Wali Kota Depok, Mohammad Idris yang ditemui saat kegiatan di Rumah Potong Hewan (RPH) Kecamatan Tapos, Rabu (08/02/17).

Dia mengatakan, dengan pers cerdas, bangsa berkualitas. Menurutnya, pers juga bisa menjadi sebuah lembaga keorganisasian yang profesional, mandiri, independen serta lugas, tegas dan kritis. Namun juga santun, ramah, elegan dan mengedepankan nilai-nilai kebangsaan dan kemaslahatan umat serta negara.

Untuk itu, Mohammad Idris meminta agar Humas dapat berkolaborasi dengan insan pers, baik lembaga maupun perorangan. Dengan kolaborasi ini, diharapkan informasi tetang pemerintahan bisa disosialisasikan secara masif kepada masyarakat.

“Kami juga minta Humas untuk proaktif berkomunikasi dengan insan pers, baik lembaga maupun perorangan. Sehingga informasi-informasi kita tentang pemerintahan, bisa disosialisasikan secara masif kepada masyarakat agar mereka bisa memahami,” paparnya.

Dikatakannya, Pemerintah Kota (Pemkot) Depok siap menerima masukan dari media maupun masyarakat. Diharapkan, peringatan HPN mampu menjadi refleksi bagi pelaku media untuk menyebarkan berita positif yang mencerdaskan masyarakat.

“Tentunya juga ada hal kekurangan dari kami (pemerintah), ke depan agar bisa dilakukan masukan atau penyampaian aspirasi masyarakat. Selamat Hari Pers Nasional, semoga menjadi insan pers yang selalu dibanggakan negara dan bangsa kita. Pers cerdas, bangsa berkualitas,” pungkasnya.

Penulis: Vidyanita
Editor: Dunih dan Yulia Shoim

Diskominfo

Bagikan post melalui :