penanaman alfafa

Wali Kota Depok Mohammad Idris melakukan pembibitan Tanaman Alfalfa di Lokasi Arboretum Pangan, Rumah Potong Hewan Kecamatan Tapos. (Foto : Bima/Diskominfo)

depok.go.id – Tanaman alfalfa kini tidak hanya berguna bagi penghias keindahan rumah. Khasiat obat yang cukup banyak dari kandungan tanaman alfalfa ini, membuat Wali Kota Depok Mohammad Idris rela kehujanan untuk menanam pohon alfalfa di Lokasi Arboretum Pangan, Rumah Potong Hewan (RPH) Kecamatan Tapos.

Dalam kegiatan itu, sebanyak 500 gram bibit tanaman alfalfa disebar pada polibag yang telah disediakan. Tanaman tersebut memiliki banyak khasiat dan zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh, dengan kandungan vitamin serta zat besi yang sangat lengkap. Selain itu, alfalfa diyakini juga dapat mengobati penyakit jantung.

“Alfalfa itu tanaman obat, khasiat utamanya sebagai penguat jantung. Kita coba tanam ini di sini (RPH), karena sudah mengarah pada pola makan warga agar ada perhatian terhadap ini. Selama ini dari kasus kesehatan, informasi seseorang meninggal mendadak sudah banyak. Nah, ini merupakan salah satu tindakan antisipatif terhadap kesehatan masyarakat dan warga,” ujar Mohammad Idris, usai menebar bibit tanaman alfalfa di Tapos, Rabu (08/02/2017).

Dia mengatakan, penanaman alfalfa dilakukan sebagai upaya mengedepankan konsep Smart Healthy City, sesuai Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Peduli kesehatan ini sangat penting, dengan menjaga makanan yang biasa dikonsumsi serta menjauhi asap rokok.

“Untuk itu cara mengimbanginya ya dengan tanaman alfalfa ini. Sangat memungkinkan untuk kita tanam dalam bentuk polibag. Ini juga bisa ditanam di pekarangan rumah seperti, membuat Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) yang telah kita kampanyekan tiga tahun yang lalu,” paparnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Hortikultura Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKPP) Kota Depok, Hermin Kusmiati mengatakan, kegiatan ini merupakan sebuah kampanye sekaligus sosialisasi terhadap khasiat dan pembibitan tanaman obat alfalfa.

“Kabarnya alfalfa ini juga bisa mengobati penyakit jantung, gula, kolesterol, darah tinggi, dan sebagainya. Selain itu, pada ternak bisa berkhasiat untuk penggemukan. Hari ini kita uji coba. Dinas pertanian harus tahu dulu daya tumbuhnya seperti apa, umur berapa tahun, ketinggian berapa dan kapan harus dipanen. Kalau berhasil nanti bisa kita tindak lanjuti. Tanaman ini bisa kita sebar ke setiap kecamatan,” terang Hermin.

Penulis: Vidyanita
Editor: Dunih dan Yulia Shoim

Diskominfo

Bagikan post melalui :