SWORD

TERUS BERLATIH: kegiatan Komunitas Sword pada saat latihan bersama dengan dibantu instruktur. (Foto: Dian/Diskominfo)

depok.go.id- Keberadaan taman kota di Depok dapat bermanfaat bagi masyarakat. Berbagai aktivitas dapat dilakukan di ruang terbuka hijau (RTH) tersebut. Seperti yang dilakukan oleh sekelompok anak muda yang tergabung dalam Komunitas Street Workout Depok (Sword). Mereka menggunakan taman atau lapangan untuk melakukan olahraga agar membentuk tubuh yang ideal.

“Saat ini banyak sekali tempat atau taman yang dilengkapi sarana olahraga di Kota Depok. Maka, kami memanfaatkan itu, terlebih berolahraga di luar ruangan tentu lebih baik dibanding dalam ruangan,” kata Social Media and Design, Sword, Gesja kepada depok.go.id, Jumat (07/04/2017).

Menurutnya, komunitas tersebut menjadikan kegiatan yang menyehatkan sebagai aktifitas yang menyenangkan. Sebab, sambung Gesja, memiliki bentuk tubuh ideal dan sehat merupakan impian seluruh manusia.

“Komunitas Sword berdiri sejak pertengahan tahun 2015. awalnya anggota kami hanya lima orang. Sebab belum banyak yang mengetahui manfaat olahraga. Tetapi setelah banyak yang mengetahui, diawal tahun 2016 sudah ada 75 orang yang bergabung dengan Sword,” tutur Gesja.

Dikatakannya, berbagai alasan menjadi pilihan anggotanya untuk bergabung dalam Sword. Namun mayoritas karena ingin menguruskan badan, membentuk bisep, menggemukkan badan, dan mengidealkan tubuhnya. Lebih lanjut Gesja menjelaskan, terdapat perbedaan olahraga fitness dan street workout.

“Kalau fitness dilakukan di ruangan tertutup. Sedangkan street workout dilakukakan diruangan terbuka. Selain itu street workout tidak perlu mengeluarkan biaya sama sekali, kalau fitness sudah ada harga-harga tertentunya”, terangnya.

Sementara itu Founder Sword Kelvin menyatakan, dalam komunitasnya tidak memandang usia. Sebab seluruh usia mulai dari anak, remaja, dewasa dapat bergabung dengan Komunitas Sword.

“Olahraga ini sama sekali tidak berbahaya untuk siapapun, jadi tidak ada batasan usia untuk bergabung di komunitas kami,” ucapnya.

Kevin menambahkan, bagi warga Depok yang ingin ikut bergabung, jadwal latihan street workout ada pada hari Selasa dan Kamis pukul 19.30 wib. Selain itu ada hari Sabtu dan Minggu pukul 08.00 wib. Kemudian, untuk lokasi ada di Taman Merdeka, Kecamatan Sukmajaya, Kota Depok.

“Jika ada masyarakat yang baru tahu dan ini bergabung, komunitas ini sangat terbuka sekali untuk anggota baru,” pungkasnya.

Penulis :Dian Afrianti Kunto

Editor: Retno Yulianti dan Rita Nurlita

Diskominfo

Bagikan post melalui :