depok.go.id – Telur yang kerap dibeli masyarakat di pasaran dipastikan Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKPPP) Kota Depok merupakan telur asli. Namun begitu, untuk menjaga kualitasnya, DKPPP menyarankan memasukkan telur tersebut ke dalam kulkas.

“Jika telur dimasukkan ke dalam kulkas, maka bakteri tidak akan tumbuh. Sebab, bakteri pada telur hanya bisa tumbuh ketika berada di dalam suhu ruangan. Bakteri tidak akan bisa bermetabolisme jika di dalam suhu kulkas,” ujar Kepala DKPPP Kota Depok, Farah Mulyati, Minggu (08/04/18).

Dikatakannya, bakteri yang ada di kerabang telur tidak mampu berkembang biak, karena jika dalam suhu kulkas, ia akan mati dalam beberapa waktu.

“Kalau disimpan di luar atau dalam suhu ruangan ada risiko, yaitu bakteri lebih mudah berkembang biak, kutikula juga lebih mudah rusak kalau terkena panas. Yang nantinya mempengaruhi isi telur atau merusak kandungan dalam telur,” terangnya.

Selain itu, untuk mencegah kontaminasi lainnya, dia menyarankan telur sebaiknya disimpan dengan kotak atau kardus pembungkusnya dan dijauhkan dari makanan berbau menyengat serta daging mentah. Cangkang telur yang memiliki tekstur berpori, akan menyebabkan telur menyerap aroma kuat dari sekitarnya dan mengontaminasi aroma telur.

“Kulit tebal dan tipis pada telur juga pengaruh. Yang bagus, kulit tebal karena dia sebenarnya melindungi isi telur. Semakin tebal dan bagus kutikulanya dan tidak rusak, maka dia akan tetap melindungi isinya,” pungkasnya.

Penulis: Vidyanita

Editor: Dunih dan Rita nurlita

Diskominfo

Bagikan post melalui :