depok.go.id – Kepala Bidang Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Depok, Catur Sri Astuti mengatakan pada tahun ini Disperindag menargetkan 300 warga untuk mendapatkan pelatihan kemasan produk. Hal ini disampaikan beliau saat menghadiri pelatihan tersebut di Wisma Hijau, Senin (08/06/2015).

“Total ada 300 peserta yang akan dibagi menjadi 10 angkatan. Mereka merupakan Industri Kecil Menengah (IKM) Kota Depok,” ujarnya.

Beliau mengatakan setiap angkatan berjumlah 30 orang, sementara untuk Minggu ini peserta pelatihan sudah angkatan kelima. Peserta tiap angkatan pun berasal dari berbagai kelurahan di Kota Depok yang sudah mendapat pendataan oleh pihak kelurahan.

“Mengenai pesertanya, kami berkoordinasi dengan pihak kelurahan. Mereka yang mendata siapa saja yang akan mengikuti pelatihan,” jelasnya.

Catur berharap, dengan adanya pelatihan tersebut. Hal ini dapat mengasah keahlian masyarakat IKM dalam bidang kemasan, karena dalam pelatihan ini Disperindag bekerja sama dengan PPG IPB Bogor untuk memberikan pelatihan. Ia juga mengharapkan dengan pelatihan ini para pelaku IKM dapat membuat dan mendesain kemasan produknya dengan baik, sehingga dapat lebih menarik minat konsumen untuk membeli produknya.

“Dengan begitu kan pendapatan mereka juga akan meningkat,” ujarnya.

Pelatihan ini merupakan bentuk tindak lanjut atas usulan yang diutarakan warga pada Musrenbang tahun 2014 kemarin. Selain pelatihan kemasan produk, Disperindag juga akan mengadakan pelatihan sablon, las, kewirausahaan, servis komputer, mesin jahit, fotografi, serta menjahit dasar dan lanjutan.

“Semua pelatihan itu adalah usulan dalam Musrenbang 2014 yang merupakan amanah bagi Pemkot. Diharapkan dapat mengentaskan angka pengangguran, meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat. Dalam pelatihan ini, peserta tidak dipungut biaya sama sekali,” tutupnya. (Rysko/Ed: Fahrudin Mualim – Diskominfo)

Bagikan post melalui :