depok.go.id – Indonesian Islamic Business Forum (IIBF) hari ini menggelar ‘Deklarasi Beli & Bela Produk Depok’ di Warung Makan Gabus Pucung, Krukut, Depok, Senin (08/06/2015).

Turut hadir Wakil Walikota Depok Idris Abdul Shomad, Ketua IIBF Kota Depok Acep Al Azhari, unsur Muspida Kota Depok, tokoh masyarakat, serta para pengusaha di Kota Depok. Selain itu, dalam acara tersebut juga menghadirkan beberapa tokoh ternama, di antaranya pengusaha nasional Heppy Trenggono, tokoh nasional Marwah Daud Ibrahim, serta pengusaha Green Coco-Island.

Ketua IIBF Kota Depok, Acep Al Azhari mengatakan bahwa deklarasi yang mengusung tema ‘Saatnya Masyarakat Depok Bangun Membela Produk Lokal Membangun Ekonomi Kerakyatan’ ini dimaksud guna mengubah mindset masyarakat agar mengonsumsi produk buatan lokal. Pasalnya, saat ini banyak di antara mereka menggunakan produk asing.

“Guna memperkaya bangsa, kita harus mencintai produk yang ada di wilayah ini,” tuturnya.

Pemilik warung makan Gabus Pucung tersebut menambahkan bahwa dengan tidak membeli produk asing selama satu bulan saja, sudah dipastikan produk tersebut akan menurun omsetnya. Dengan kata lain, jika masyarakat mulai mengonsumsi produk lokal, lambat laun barang hasil luar negeri akan musnah.

Setelah dilakukan deklarasi, seluruh komponen terkait akan mulai melakukan pendataan siapa saja pengusaha di Kota Depok. Nantinya secara berkala akan di-monitoring, apakah mengalami peningkatan penjualan atau tidak.

“Kami akan pantau sejauh mana barang lokal akan terjual, yang pasti setelah deklarasi ini akan meningkat jumlahnya,” ungkap Acep.

Senada dengan hal tersebut, Wakil Walikota Depok Idris Abdul Shomad mengutarakan dukungannya. Mengingat di Kota Belimbing sendiri merupakan salah satu wilayah yang memiliki sektor perdagangan paling besar di Jawa Barat. Selain itu juga banyak pengusaha muda yang setiap tahunnya bermunculan.

“Indikasi daya beli Depok sangat besar, pertumbuhan perekonomiannya pun cukup tinggi, maka akan mudah memajukan produk lokal,” ujar Alumni Gontor tersebut.

Mantan Sekjen Ikatan Da’i Indonesia (IKADI) tersebut mengajak warga Depok untuk mencintai produk lokal, tentunya buatan Depok. Sehingga nantinya akan lebih membantu peningkatan perekonomian Kota Depok.

“Kalau mau Depok maju dan berjaya, ayo dukung beli dan bela produk Depok,” tutup Idris seraya mengajak. (Indri Purnama/Ed: Fahrudin Mualim – Diskominfo)

Bagikan post melalui :