esppt

depok.go.id – Membayar Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) adalah suatu kewajiban bagi pemilik aset. Setiap Wajib Pajak (WP) tentu wajib membayar tagihan PBB rumah yang dihuninya atau bahkan yang dibuat sebagai tempat usaha, jika itu atas nama mereka maka pemilik wajib membayar pajak.

Surat Pemberitahuan Pajak Terhutang (SPPT)  dapat diambil di Kecamatan atau Kelurahan, bahkan ada juga yang dapat diambil melalui Ketua RT setempat karena pihak kelurahan sudah menyerahkan SPPT ke pihak RT atau RW masing-masing.

Namun, Pemkot Depok melalui Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Asset (DPPKA) saat ini  memberikan pelayanan electronic Surat Pemberitahuan Pajak Terhutang (e-SPPT) yang memudahkan masyarakat untuk mendapatkan tagihan tersebut.

“Dengan e-SPPT ini nantinya masyarakat WP akan mendapatkan surat tagihan melalui email mereka, jadi di mana pun dan kapan pun mereka dapat melihat tagihan mereka,” ujar Endra, Kepala Pendapatan 2 DPPKA Kota Depok.

Endra mengatakan bahwa masyarakat selama ini mendapatkan SPPT secara fisik, namun kadang terkendala karena masyarakat yang memiliki mobilitas tinggi atau tidak ada di rumah sehingga tidak tersampaikan, sehingga berdampak ke pembayaran PBB juga.

“Untuk mendaftar e-SPPT caranya mudah, yaitu hanya dengan membuka link http://pbb-bphtb.depok.go.id:8081/ESPPT/REG_ESPPT/Registrasi.aspx  lalu tinggal mengisi form yang sudah ada. Jadi, untuk tahun berikutnya masyarakat sudah bisa mendapatkan SPPT via email,” tutupnya. (Rysko/ Ed: Siti Rahma – Diskominfo)

Bagikan post melalui :