seminar_2

Seminar Penelusuran Sejarah Kota Depok di Aula Kantor Arsip dan Perpustakaan Kota Depok, Kamis (8/9/2016). (Foto:Indri/Diskominfo)

depok.go.id – Pemerintah Kota Depok melalui Kantor Arsip dan Perpustakaan Kota Depok terus berupaya melestarikan berbagai bangunan dan aset peninggalan sejarah yang ada di Kota Depok. Selanjutnya, warisan para leluhur tersebut nantinya akan dijadikan peluang untuk menambah pendapatan daerah melalui objek wisata.

Kepala Seksi Pengolahan Data Kantor Arsip dan Perpustakaan Kota Depok, Agus Hery Wibowo mengungkapkan bahwa saat ini pihaknya sedang melakukan pendataan terkait bangunan peninggalan sejarah. Lalu, akan menyusun kebijakan akuisisi terhadap arsip-arsip sejarah yang masih dikuasai masyarakat. Kebijakan yang akan dibuat tersebut akan dijadikan referensi terhadap penyusunan regulasinya.

“Kami mencoba untuk mendata terlebih dahulu, muaranya nanti bagaimana melestarikan peninggalan tersebut untuk dijadikan aset Pemkot Depok dan jika memungkinkan menjadi peluang untuk menambahkan pendapatan daerah melalui objek wisata,” tuturnya saat ditemui pada Seminar Penelusuran Sejarah Kota Depok di Aula Kantor Arsip dan Perpustakaan Kota Depok, Kamis (8/9/2016).

Agus menambahkan, bahwa saat ini pihaknya sudah mengumpulkan beberapa tulisan dan foto-foto terkait peninggalan sejarah. Pemeliharaan dan pengembangan terhadap peninggalan tersebut baru dapat dilaksanakan setelah diambil alih oleh Pemkot Depok yang belum ada regulasinya.

Lebih lanjut, Agus berharap seluruh bangunan peninggalan yang ada dapat diakuisisi oleh Pemkot Depok. Selanjutnya, dapat dilakukan konservasi dan perawatan, sehingga masyarakat luas dapat mengetahui apa saja peninggalan sejarah yang ada di Kota Depok.

“Semoga upaya yang kami lakukan ini dapat berjalan dengan baik agar masyarakat di Kota Depok dapat menikmati warisan sejarah melalui objek wisata di Kota Depok,” tutupnya.

Penulis: Indri

Editor: Siti Rahma dan Yulia Shoim

Bagikan post melalui :