bunda elly

Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kota Depok, Elly Farida, paraf petisi pencegahan kekerasan dalam rumah tangga dan human trafficking di Kelurahan Cilangkap, Kamis (8/9/2016). (Foto:Nurul/Diskominfo)

depok.go.id – Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kota Depok, Elly Farida, paraf petisi pencegahan kekerasan dalam rumah tangga dan human trafficking bersama perwakilan PKK Provinsi Jawa Barat, Kepala BPMK Kota Depok Eka Bachtiar, Camat Tapos Muchsin Mawardi, dan kader PKK se-Kelurahan Cilangkap. Penandatanganan petisi ini sebagai suatu wujud komitmen Pemerintah Kota (Pemkot) Depok dalam menghapus kejahatan kemanusiaan yang luar biasa ini.

Sebelum penandatanganan petisi, Elly mengatakan bahwa petisi ini sebagai salah satu sarana dalam pemberantasan KDRT khususnya di lingkup Kelurahan Cilangkap. Menurutnya, dalam penghapusan KDRT diperlukan koordinasi dan kaloborasi dengan semua pihak.

“Tokoh masyarakat, tokoh agama, aparatur pemerintah harus menjadi garda terdepan dalam penghapusan KDRT,” ujar Elly, saat memberikan pembinaan satgas PKDRT di Kelurahan Cilangkap, Kamis (8/9/2016).

Bunda Elly, sapaan akrabnya, menambahkan bahwa penanganan korban kekerasan dalam rumah tangga khususnya kepada perempuan dan anak-anak merupakan hal yang sangat baik dengan meningkatkan pemahaman dan pengetahuan seluruh pihak dalam mengatasi permasalahan tersebut. Termasuk aspek psikologis korban. Selain itu, juga mempertimbangkan kepentingan dan kebutuhan korban.

“Selama ini penyelesaian kasus-kasus kekerasan dalam rumah tangga hanya terpusat pada pasal-pasal KUHP. Juga masih adanya pandangan masyarakat menganggap masalah KDRT adalah urusan suami istri,” katanya.

Senada dengan hal tersebut, Ketua Pokja 1 TP PKK Provinsi Jawa Barat, Zirly Nova Jamil, mengungkapkan hari ini dirinya bersama Tim TP PKK Provinsi Jawa Barat melakukan pembinaan dan sosialisasi PKDRT dengan harapan bisa menambah ilmu dan pengetahuan para kader PKK Kelurahan Cilangkap khususnya Satgas PKDRT. Sekaligus mempersiapkan Kota Depok yang mewakili Provinsi Jawa Barat dalam menghadapi penilaian di tingkat nasional untuk lomba PKDRT.

“Kami lakukan pembinaan sebagai persiapan dan mengecek sejauh mana para Satgas PKDRT menguasai materi yang nanti akan dilombakan,” tandasnya.

Ia berharap, dengan diwakilinya Jawa Barat oleh Kota Depok di kancah nasional ini bisa meraih prestasi yang gemilang. Serta Kota Depok bisa mengharumkan nama Jawa Barat sebagai pemenang lomba tahunan tersebut.

Penulis: Nurul Hasanah

Editor: Siti Rahma

Bagikan post melalui :