depok.go.id – Pemerintah Kota Depok melalui Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Depok resmi meluncurkan Program Aktif, Kreatif, Efektif, Menyenangkan untuk Profesi Minat dan Bakat Siswa (PAKEM tuk PROF. BA MISS) di halaman SD Anyelir 1 Depok, Kamis (08/10/2015).

Kepala Bidang Pendidikan Dasar (Pendas) Disdik Kota Depok, Eneng Sugiarti, mengatakan bahwa program ini dimaksud guna menata minat dan bakat siswa, sehingga siswa nantinya dapat dengan mudah menyalurkan kegemaran yang dimiliki demi masa depannya.

“Kita ingin dengan program ini nanti dapat melahirkan orang-orang sukses yang lebih banyak, tentunya berbasis minat dan bakat yang ada,” tuturnya.

Lebih lanjut, mantan Kepala Bidang Pendidikan Nonformal dan Informal (PNFI) Disdik Kota Depok ini menjelaskan makna dari kata-kata yang digunakan pada PAKEM tuk PROF. BA MISS adalah, untuk kata ‘aktif’ berarti melibatkan siswa dalam kegiatan belajar mengajar, tidak hanya guru saja yang menjelaskan.

Selanjutnya, kata ‘kretaif’ artinya beragam, di mana seluruh proses pembelajaran tidak membuat siswa merasa bosan. Tentunya sesuai dengan minat dan bakar masing-masing. Kemudian untuk kata ‘efektif’, yaitu pembelajaran yang diberikan sesuai dan mengarah kepada bakat dan minat siswa. Terakhir adalah ‘menyenangan’, yaitu bagaimana sebisa mungkin membuat anak-anak memperhatikan terhadap penjelasan yang diberikan.

Terakhir, Eneng berharap kepada seluruh guru dan pengawas untuk selanjutnya dapat menerapkan program yang telah dicanangkan ini, sehingga Kota Depok mampu menghasilkan generasi penerus yang cerdas dan kompeten. Tentunya sesuai dengan minat dan bakat yang dimiliki.

“Semoga ini dapat menjadi acuan untuk mendorong siswa lebih percaya diri dengan kemampuan yang dimiliki,” tutupnya berharap. (Indri/Ed: Fahrudin Mualim – Diskominfo).

Bagikan post melalui :