sumber : google

sumber : google

depok.go.id – Pada lomba pemanfaatan hasil Tanaman Obat Keluarga (Toga) tingkat Provinsi Jawa Barat, RW 18, Kelurahan Ciampeun, Kecamatan Tapos terpilih mewakili Kota Depok. Dikabarkan, kelurahan yang berada di ujung timur Kota Depok itu akan dikunjungi oleh tim rechecking Provinsi Jawa Barat.

Alhamdulillah tim pemanfaatan hasil Toga dari RW 18, Kelurahan Ciampeun akan direcheckhing dari Provinsi Jawa Barat,” ujar Camat Tapos, Muchsin Mawardi, saat ditemui usai pencanangan Kesatuan Gerak PKK KB Kesehatan di aula lantai 1, Kamis (8/10/2015).

Muchsin menginformasikan, wilayah Ciampeun terpilih karena terobosannya menanam Toga yang berupa tanaman jahe, kencur, kunyit, dan asam. Tanaman tersebut nantinya diolah oleh para kader menjadi minuman kesehatan dalam bentuk sachet ataupun minuman langsung jadi. Selain itu, Toga yang ada juga dapat dimanfaatkan untuk bumbu dapur warga sekitar.

Bapak dua anak itu berharap, dengan majunya Ciampeun ke tingkat Provinsi Jawa Barat dapat menjadi bahan referensi bagi 6 keluarahan lainnya dalam memanfaatkan pekarangan rumah untuk menanam Toga. Selain bermanfaat untuk bumbu dapur, menurutnya Toga juga berguna bagi kesehatan manusia.

“Mudah-mudahan Kelurahan Ciampeun bisa dijadikan role model kelurahan lain di Tapos, sehingga warganya dapat menanam Toga di halaman rumah,” harap Muchsin.

Sementara itu, Ketua TP PKK Kota Depok, Nur Azizah Tamhid menyambut baik akan direcheckingnya RW 18, Kelurahan Ciampeun, Kecamatan Tapos untuk pemanfaatan hasil Toga. Dia mengatakan, di sana memang sudah sangat baik dalam menejemen penanaman Toganya mulai dari hulu hingga hilir, sejak penanaman sampai pengolahannya. Selain itu, warga di sana juga menanam Toga pada berbagai media, seperti Tanaman Buah di Dalam Pot (Tabulapot) maupun Tanaman Bumbu di Lahan Pekarangan (Tabulakar).

“Kompak sekali warga Ciampeun, dalam satu RW sebagian besar menanam Toga sehingga masyarakat merasakan banyak manfaat dari Toga,” tutur Nur Azizah. (Nurul Hasanah/Ed: Faizal Satrio – Diskominfo).

Bagikan post melalui :